Ratusan titik rawan secara berkelanjutan kami semprot disinfektan, ribuan APD juga sudah disalurkan Mas Ibas, wastafel portabel, puluhan ribu masker untuk warga, sabun, dan 'hand sanitizer' (cairan pembersih tangan)
Pacitan, Jatim (ANTARA) - Anggota DPR Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mendonasikan gajinya sebagai wakil rakyat untuk diberikan dalam bentuk ribuan paket sembako kepada warga terdampak COVID-19 di Daerah Pemilihan VII Jawa Timur, meliputi Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Magetan, dan Ngawi.

Kordinator Satgas EBY anti-COVID-19, David Christian, di Pacitan, Sabtu, menjelaskan pembagian ribuan sembako oleh Ibas itu kelanjutan rangkaian kegiatan yang diarahkan putra bungsu Presiden ke-6 RI itu sejak pandemi corona jenis baru tersebut.

"Sejak awal Maret, kami diterjunkan beliau untuk berkoordinasi dengan seluruh elemen di daerah turut mencegah penyebaran wabah corona dengan berbagai agenda pencegahan. Ratusan titik rawan secara berkelanjutan kami semprot disinfektan, ribuan APD juga sudah disalurkan Mas Ibas, wastafel portabel, puluhan ribu masker untuk warga, sabun, dan 'hand sanitizer' (cairan pembersih tangan)," kata dia.

Tak hanya di Pacitan yang notabene daerah asal keluarganya, ribuan bantuan sembako juga dikirim Ibas melalui jejaring relawannya di Kabupaten Ponorogo, Trenggalek, Magetan, serta Ngawi.

Penyaluran dilakukan secara bergelombang dalam 1-2 pekan terakhir, dan diproyeksikan tuntas menyasar warga lima kabupaten/kota di Dapil VII Jateng hingga Minggu (9/5).
 
Relawan EBY menyalurkan bantuan sembako di Pacitan, Jatim, Sabtu (9/5/2020) (ANTARA/Ist)


"Atas nama pribadi maupun warga Pacitan, saya sampaikan terima kasih atas kepedulian Mas Ibas," kata Bupati Pacitan Indartato saat melepas armada distribusi sembako di GOR Pacitan.

Hal yang sama juga diungkapkan Bupati Magetan Suprawoto.

Orang nomor satu di Pemkab Magetan yang akrab disapa Kang Woto itu, berharap donasi Ibas tersebut bisa segera dicontoh para legislator lain dan masyarakat demi membantu meringankan beban warga yang masuk kelompok rentan terdampak pandemi COVID-19.

Kang Woto juga berterima kasih kepada Ibas dan tim, karena politikus Partai Demokrat itu dinilai telah proaktif dan responsif menurunkan satuan tugas untuk membantu pemerintah daerah mencegah dan meminimalkan dampak pandemi corona di Magetan.

Berbagai kegiatan kemanusiaan itu, antara lain bantuan instalasi wastafel publik, masker gratis, alat pelindung diri (APD) lengkap untuk rumah sakit dan tim medis, sabun cuci tangan, cairan pembersih tangan, dan sembako.

Baca juga: Parpol di Makassar bantu pemerintah perangi COVID-19
Baca juga: PKB ajak parpol kompak perangi COVID-19

 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020