Jakarta (ANTARA) - Mereka yang berulang tahun saat penutupan wilayah, lockdown, akibat pandemi virus corona bisa sedikit lega karena tetap bisa berbagi kegembiraan meski pun tidak bisa bertemu secara fisik.

Untuk sementara ini, jika tetap ingin merayakan ulang tahun selama pembatasan aktivitas di luar rumah, sebaiknya lakukan pesta secara virtual demi menjaga kesehatan dan keamanan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengadakan pesta secara virtual dengan bantuan gawai, seperti dikutip dari laman Cnet.

1. Konferensi video
Buat janji dengan orang-orang terdekat untuk merayakan pesta ulang tahun lewat platform konferensi video, pilih yang dapat memuat banyak orang, misalnya Zoom, Google Hangouts atau Skype.

Agar pesta berjalan lancar, buat undangan beberapa hari sebelumnya beserta instruksi bagaimana menggunakan aplikasi konferensi video tersebut karena tidak semua orang familiar dengan panggilan video.

Sambungkan laptop atau ponsel ke smart tv, jika punya. Jangan lupa hias ruangan dengan dekorasi ulang tahun.

Baca juga: Bingung di rumah aja? Yuk jalan-jalan di museum via daring

Baca juga: Gaya berbusana saat WFH pengaruhi produktivitas


2. Main game
Jika tidak ingin mengadakan pesta secara virtual, main game bersama teman juga bisa menjadi pilihan untuk merayakan ulang tahun di tengah pandemi COVID-19. Pilih permainan yang menyenangkan untuk dimainkan beramai-ramai, misalnya Minecraft.

Nyalakan juga aplikasi panggilan video agar bisa mengobrol di sela-sela bermain.

Jika khawatir boros kuota internet untuk bermain game online, pilih permainan yang tidak mengharuskan selalu tersambung ke internet. Misalnya, permainan mencari aksesoris ulang tahun yang ada di rumah masing-masing, seperti lilin atau balon.

Buat daftar barang apa saja yang harus dicari, orang pertama yang melengkapi daftar tersebut dengan foto-foto barang yang ada di rumahnya akan menang.

3. Nobar
Gunakan layanan seperti Netflix Party untuk nonton bareng sebuah film bersama teman dari rumah masing-masing. Sambil menonton, aktifkan juga fitur mengobrol, chat, di aplikasi tersebut agar tetap bisa berinteraksi dengan teman.

 Baca juga: Aplikasi populer selama puasa #dirumahaja

Baca juga: Perawatan mobil selama "di rumah aja"

Baca juga: Tetap gaya walau di rumah aja

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020