Belitung,Babel (ANTARA) - Petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkal Pinang Wilayah Kerja Tanjung Pandan, melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 23 anak buah kapal kargo MV Asia Pearl IV yang kandas di perairan Pulau Mendanau Belitung.

"Pemeriksaan sudah dilakukan kondisi 23 ABK dalam keadaan aman dan sehat," kata Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Pangkal Pinang Wilayah Kerja Tanjung Pandan, Jauhari di Tanjung Pandan, Selasa.

Baca juga: Kondisi 12 WNI positif COVID-19 di Singapura stabil

Menurut dia, selain melakukan pemeriksaan terhadap 23 ABK MV Asia Pearl IV, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap ABK dari dua kapal penolong lainnya di perairan tersebut.

"Jadi ada sekitar 43 awak kapal yang kami periksa kesehatannya termasuk kapal penolong yang juga berbendera Singapura. ABK kapal sebagian besar WNA tetapi ada juga yang Indonesia," ujarnya.

Ia menambahkan, pemeriksaan meliputi pengecekan kesehatan secara umum seperti pemeriksaan suhu tubuh, tekanan darah dan juga riwayat kesehatan.

"Jadi yang meriksanya memang perawat sehingga secara visual orang tersebut bisa diketahui sakit atau tidak dan hasilnya semuanya sehat mereka tidak ada menunjukkan gejala demam," katanya.

Disampaikan dia, selain itu pihaknya juga membagikan kartu kewaspadaan kesehatan kepada seluruh ABK tersebut.

"Kami mengingatkan kepada mereka untuk tidak turun dari kapal," ujarnya.

Baca juga: Gugas Batam catat 44 pasien positif COVID-19
Baca juga: Gugus Tugas: Kita harus beradaptasi dalam beraktivitas saat pandemi
Baca juga: ITB kembangkan unit disinfeksi APD untuk tenaga medis

Pewarta: Kasmono
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020