Kemarin, kelahiran gajah Covid hingga program vitamin C untuk rakyat

Kemarin, kelahiran gajah Covid hingga program vitamin C untuk rakyat

Seekor bayi gajah pejantan bernama Covid di Taman Safari Indonesia (TSI) Kawasan Puncak Cisarua Kabupaten Bogor Jawa Barat. (ANTARA/HO-TSI Bogor)

Jakarta (ANTARA) - Ada sejumlah berita humaniora kemarin, Minggu (18/5) yang menarik untuk dibaca pagi ini diantaranya kelahiran gajah bernama Covid, program vitamin C untuk rakyat, dan percepatan pencairan bantuan sosial tunai.

Berikut berita-beritanya:

Diberi nama Covid, gajah lahir di tengah pandemi di Puncak Bogor

Seekor bayi gajah pejantan di Taman Safari Indonesia (TSI) Kawasan Puncak Cisarua Kabupaten Bogor Jawa Barat diberi nama Covid karena lahir di tengah pandemi virus corona jenis baru (COVID-19).

"Gajah yang diberi nama Covid ini lahir dari induk betina bernama Nina berusia 46 tahun, sedangkan gajah pejantannya bernama Kodir diperkirakan usianya 44 tahun. Keduanya berasal dari Riau," ujar salah seorang "keeper" di TSI Bogor, Sodik, di Bogor, Minggu.

Baca beritanya: di sini

Kemenkes batalkan peliburan uji COVID-19 di BBTKLPP Jakarta

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membatalkan rencana peliburan kegiatan pengujian spesimen COVID-19 di laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jakarta selama perayaan Idul Fitri.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat Kementerian Kesehatan Nomor UM.01.05/I.1/3948/2020 tanggal 16 Mei 2020 tentang penerimaan sampel untuk pemeriksaan COVID-19 sepanjang 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu.

Simak beritanya: di sini

Indonesia tempati urutan ke-33 kasus COVID-19 dunia

Data statistik Johns Hopkins University Medicine mencatat Indonesia menempati urutan ke-33 kasus sebaran COVID-19 secara global dari 188 negara yang sudah terpapar virus tersebut.

Berdasarkan laman resmi Johns Hopkins University Medicine, Sabtu (16/5) malam pukul 11.32 waktu setempat tercatat konfirmasi COVID-19 di Indonesia sebanyak 17.025 kasus

Baca beritanya: di sini

Moeldoko sambut baik program vitamin C untuk rakyat di Cirebon

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyambut baik program vitamin C untuk rakyat yang diinisiasi pegiat literasi 10 Rumah Aman di Cirebon, Jabar, sebagai upaya menjaga imunitas di tengah pandemi COVID-19.

“Kami mengapresiasi inisiatif masyarakat yang memenuhi kebutuhan asupan vitamin secara bergotong royong. Sudah seharusnya mereka bersikap seperti itu dalam menghadapi COVID-19 yang menjadi musuh bersama,” kata Moeldoko dalam keterangannya, Ahad.

Baca beritanya: di sini

Kemensos percepat pencairan bantuan sosial tunai

Kementerian Sosial mempercepat pencairan dana bantuan sosial tunai (BST) sebelum Lebaran sudah diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sesuai instruksi Bapak Presiden Joko Widodo.

"Kami mengapresiasi pencairan dana BST berjalan tertib dan lancar," kata Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kementerian Sosial Asep Sasa Purnama saat meninjau pencairan dana BST yang disalurkan melalui Kantor Pos Warunggunung Kabupaten Lebak, Ahad.

Cek beritanya: di sini

Gugus Tugas: Tujuh orang tenaga medis di Bengkulu positif COVID-19

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu, Minggu mengumumkan ada tambahan sembilan kasus baru positif COVID-19 di daerah itu dan tujuh orang di antaranya merupakan tenaga medis.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu Jaduliwan mengatakan bahwa tujuh orang itu merupakan tenaga medis yang menangani kasus COVID-19 di salah satu rumah sakit rujukan di Kota Bengkulu.

Baca beritanya: di sini

Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020