ACT Sumsel salurkan 500 paket sembako ke korban banjir OKU Timur

ACT Sumsel salurkan 500 paket sembako ke korban banjir OKU Timur

Relawan ACT Sumsel menyalurkan bantuan korban banjir di OKU Timur menggunakan perahu kayu, Selasa (19/5/2020). ANTARA/HO-ACT Sumsel

Palembang (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap Sumatera Selatan menyalurkan bantuan 500 paket sembako kepada korban banjir di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang masih terisolir karena akses terendam banjir sejak sepekan.

Koordinator Tim ACT Sumsel Aris Lazuardi, Selasa, mengatakan sebanyak 500 paket sembako dibagikan kepada warga Desa Dorma menggunakan Kapal Ramadhan karena wilayah itu hanya dapat dijangkau dengan perahu kayu.

"Kondisi banjir di Desa Dorma saat ini masih cukup parah, sebab untuk menuju ke lokasi tim harus menggunakan perahu kayu agar dapat menyasar rumah warga hingga ke pelosok," ujar Aris di OKU Timur.

Baca juga: Seorang warga tewas tertimbun longsor di OKU Selatan
Baca juga: ACT Sumsel salurkan bantuan banjir di OKU Selatan


Akibat banjir yang masih merendam sejak sepekan juga berdampak dengan lumpuhnya aktifitas warga, sehingga ACT Sumsel berinisiatif membuka pelayanan kesehatan, melaksanakan giat pembersihan fasilitas umum dan operasi makan gratis agar warga terbantu.

Mayoritas warga di Desa Dorma yang bekerja sebagai petani kini terpaksa merugi dan kehilangan mata pencaharian, kata dia, karena lahan pertanian terendam banjir serta belum dapat diolah.
 
Korban banjir Desa Dorma di OKU Timur menerima bantuan dari ACT Sumsel, Selasa (19/5). ANTARA/HO-ACT Sumsel


Desa Dorma juga menjadi wilayah banjir terparah hingga melumpuhkan jaringan listrik dan warga terpaksa mengandalkan lampu neon dan genset untuk penerangan pada malam hari.

"Tim ACT sudah seminggu berada di sini dan akan menemani warga hingga kondisi pulih serta aktifitas warga kembali normal," ujar Aris.

Baca juga: Seorang warga OKU Selatan tewas terkena material longsor
Baca juga: 1.300 KK terdampak banjir bandang Ogan Komering Ulu Selatan


Banjir di OKU Timur terjadi sejak 9 Mei dan merupakan kiriman dari OKU Selatan yang topografinya lebih tinggi, ACT Sumsel sendiri telah menyalurkan berbagai bantuan di dua kabupaten tersebut sejak hari pertama terjadinya banjir.

Sebelumnya ACT - MRI Sumsel menyalurkan 150 paket sembako ke warga Desa Negeri Sakti Pindah Kecamatan Cempaka OKU Timur.

ACT Sumsel mengajak masyarakat membantu para korban banjir yang masih bertahan hingga saat ini melalui donasi 66 0000 5505 (BNI Syariah) dan 127 000 781 6612 (Mandiri) atas nama Aksi Cepat Tanggap dengan menambahkan kode 200 di akhir nominal transfer.

Baca juga: Banjir di OKU Timur rendam persawahan warga
Baca juga: Diterjang banjir, jembatan Desa Pulau Negara OKU Timur-Sumsel ambruk
Baca juga: Banjir kiriman di OKU Timur meluas
Pewarta : Aziz Munajar
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020