pembagian zakatnya, kita antar langsung ke rumah penerima
Jakarta (ANTARA) - Masjid Umar Ibnu Abdul Aziz di RT 005/RW 012 Kelurahan Menteng Dalam, Jakarta Selatan menyalurkan zakat kepada warga sekitar dengan cara mendatangi ke rumah penerima zakat (door to door) secara langsung guna mencegah kerumunan, Sabtu.

"Karena tahun ini ada pandemi COVID-19,  jadi pembagian zakatnya, kita antar langsung ke rumah penerima," kata Ketua DKM Masjid Umar Ibnu Abdul Aziz, Heru Setiawan Putra, di Jakarta.

Heru mengatakan total ada 175 paket zakat fitrah dan infak sedekah dari warga RT 005 yang dikumpulkan petugas unit pembayaran zakat (UPZ) Masjid Umar Ibnu Abdul Aziz selama Ramadhan.

Paket zakat tersebut terdiri atas beras seberat tiga liter ditambah masker dua buah dan sedekah uang tunai sebesar Rp40 ribu.

Baca juga: Pemkot Jaksel kerahkan 300 personel Satpol PP patroli malam takbiran

"Kami sebutnya zakat fitrah plus-plus. Sudah kita salurkan mulai Jumat kemarin hingga malam takbiran ini," kata Heru.

Zakat yang terkumpul disalurkan oleh pengurus DKM Masjid Umar Ibnu Abdul Aziz dibawa menggunakan gerobak kayu berkeliling kampung.

Pengurus DMK mendatangi satu per satu warga kurang mampu serta terkena dampak COVID-19.

Sebelumnya, pengurus DKM Masjid Umar Ibnu Abdul Aziz mengumpulkan zakat dengan layanan jemput bola, yakni menjemput langsung kepada para wajib zakat.

Langkah ini untuk mencegah kerumunan warga di masjid, sekaligus memberikan kenyamanan bagi warga yang terkendala untuk membayar zakat ke masjid.

Baca juga: Warga padati Pasar Minggu beli kebutuhan lebaran

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020