2 warga Nganjuk sembuh dari COVID-19

2 warga Nganjuk sembuh dari COVID-19

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Nganjuk dr Hendriyanto. ANTARA/Dokumen

Nganjuk (ANTARA) - Setelah mendapatkan perawatan, dua warga Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur yang sebelumnya dinyatakan positif terjangkit COVID-19, saat ini sudah sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan swab di laboratorium.

"Berdasarkan hasil laboratorium swab yang kami terima. Kami sampaikan kabar gembira ada dua orang pasien terkonfirmasi dinyatakan sembuh," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Nganjuk dr Hendriyanto di Nganjuk, Senin malam.

Dua orang yang sembuh itu yakni perempuan usia 42 tahun, dari Kecamatan Gondang, Nganjuk, di mana yang bersangkutan sebelumnya terkonfirmasi pasien nomor 5 dan merupakan kluster TKHI Sukolilo.

Satu pasien lainnya juga seorang perempuan dengan usia 34 tahun, dari Kecamatan Gondang. Ia pasien konfirmasi nomor 17.

Selain dua pasien yang sudah dinyatakan sembuh, di Kabupaten Nganjuk terdapat tambahan satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19.

Baca juga: Dua warga Nganjuk sembuh dari COVID-19, total sembuh tujuh pasien

Selama ini, pasien tersebut masuk dalam data pasien dalam pengawasan (PDP). Ia masuk di RSUD Nganjuk pada 18 Mei 2020, lalu pada 19 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab. Pada 23 Mei 2020, yang bersangkutan meninggal dunia.

"Untuk yang bersangkutan telah dilakukan pemakaman sesuai standar COVID-19. Dan, pada Senin, tanggal 25 Mei 2020 kami menerima hasil swab positif," ujar dia.

Hendriyanto mengatakan total kumulatif kasus COVID-19 di Kabupaten Nganjuk per Senin ini,  jumlah orang dalam pemantauan (ODP) 84 orang, jumlah PDP 66 orang, jumlah orang tanpa gejala (OTG) 748 orang, dan pasien yang telah terkonfirmasi positif mencapai 28 orang, di mana 13 di antaranya telah dinyatakan sembuh, dan satu orang meninggal dunia.

Pemerintah juga meminta masyarakat tetap waspada dan tidak panik.

Masyarakat diharapkan mematuhi anjuran pemerintah dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, antara lain tidak bepergian bila tidak perlu, menggunakan masker bila keluar rumah, menghindari kerumunan, menghindari kontak fisik, termasuk berjabat tangan dan menjaga jarak.

Masyarakat juga dianjurkan selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Baca juga: Ada tambahan 86, positif COVID-19 di Sidoarjo-Jatim dekati 500 orang
Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Ngawi bertambah enam jadi 12 orang
Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020