Personel kami dari Lantamal II juga dilibatkan dalam Gugus Tugas Penanganan COVID-19, salah satunya di posko perbatasan Kota Padang
Padang (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan laut (Lantamal) II Padang, Sumatera Barat (Sumbar) tetap mengoptimalkan fungsi pengamanan laut meski di tengah pandemi COVID-19.

"Kami tetap mengoptimalkan fungsi pengamanan di laut dengan menggiatkan patroli rutin di wilayah kerja," kata Kepala Dinas Penerangan Lantamal II Padang Mayor (T) Syahrul, di Padang, Selasa.

Ia mengatakan patroli laut tetap dijalankan di wilayah kerja Lantamal II yang mencakup daerah Sumatera Barat , Bengkulu, Nias, dan Sibolga di Sumatera Utara.

Selain itu, empat kapal perang yang dimiliki yaitu Kapal republik Indonesia (KRI) Kala Hitam, Kelabang, Cakalang, dan Kurau tetap digerakkan untuk patroli.

"Kapal tetap dioperasikan sesuai pemetaan dan arahan pimpinan," katanya.

Patroli dilakukan untuk memastikan keamanan laut dari berbagai berbagai pelanggaran hukum serta pelanggaran kedaulatan negara, seperti penyelundupan barang terlarang, penyelundupan orang, pelanggaran alat tangkap, pencurian ikan, dan lainnya.

Namun demikian berdasarkan data sejak awal 2020 hingga saat ini belum ada pelanggaran yang ditindak.

"Memang ada pelanggaran yang ditemukan tapi itu bersifat administrasi, sehingga tidak ditindak secara hukum," katanya.

Selain menjaga keamanan wilayah laut yang juga mencakup pantai barat Sumatera, personel Lantamal II juga ikut dalam satuan gugus penanganan COVID-19 bersama pemerintah daerah.

"Personel kami dari Lantamal II juga dilibatkan dalam Gugus Tugas Penanganan COVID-19, salah satunya di posko perbatasan Kota Padang," katanya.

Pada bagian lain, Lantamal juga menerapkan protokol kesehatan serta arahan pemerintah dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 di lingkungan internal, demikian Syahrul.

Baca juga: Tren kasus positif COVID-19 di Sumbar terus meningkat

Baca juga: Bersih-bersih Pantai Muaro Lasak-Padang digelar Lantamal II

Baca juga: Warga Padang terkonfirmasi positif COVID-19 lampaui 100 orang

Baca juga: Lantamal II/Padang perketat pengamanan perairan Sumatera Barat

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020