Ada satu tambahan, positif COVID-19 di Provinsi Gorontalo jadi 69

Ada satu tambahan, positif COVID-19 di Provinsi Gorontalo jadi 69

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Gorontalo dr Trianto Bialangi saat konferensi pers di Gorontalo, Sabtu (30/5/2020). (FOTO ANTARA/Debby Mano)

Gorontalo (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Gorontalo menyatakan bahwa ada satu tambahan kasus pasien positif COVID-19 di wilayah itu pada Sabtu ini sehingga jumlahnya kini menjadi 69 orang.

"Dengan tambahan satu kasus positif baru ini, maka total yang pasien positif COVID-19 di  Provinsi Gorontalo bertambah menjadi 69 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Gorontalo dr Trianto Bialangi, Sabtu, di Gorontalo.

Ia menjelaskan pasien tersebut adalah pasien 69 berinisial YK, 51 tahun, laki-laki, beralamat di Kelurahan Heledulaa Utara, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo.

Pasien 69 itu, kata dia, merupakan pengembangan dan penelusuran dari pasien 65.

"Pada Jumat (29/5) malam pukul 21.00 WITA kami menerima hasil pemeriksaan spesimen dari Balai POM Gorontalo. Dari enam spesimen yang diperiksa, lima dinyatakan negatif dan satu orang positif," kata Triyanto.

Ia menjelaskan bahwa saat ini kondisi umum pasien 69 dalam keadaan baik dan tengah bersiap dirujuk menuju ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof Dr H Aloei Saboe, Kota Gorontalo.

"Jadi sebelumnya kami melakukan tracking (pelacakan) dari pasien 29. Pasien 29 kontak dengan pasien 65, lalu pasien 65 kontak dengan pasien 69," katanya.

Pihaknya juga telah menerima hasil pemeriksaan Balai POM Gorontalo pada 62 spesimen,di mana hasilnya seluruh spesimen dinyatakan negatif COVID-19.

Dari akumulasi sebanyak 69 kasus positif corona di Gorontalo, tiga orang meninggal, 25 sembuh, 41 sisanya dirawat di empat tempat berbeda, yakni RSAS dan Mess Haji Kota Gorontalo, Wisma Atlet Kabupaten Gorontalo serta RSTN Boalemo, demikian Trianto Bialangi.

Baca juga: PSBB Gorontalo diperpanjang, waktu beraktivitas di luar rumah ditambah

Baca juga: Bertambah lima, satu meninggal, positif COVID-19 di Gorontalo jadi 28

Baca juga: Gubernur Gorontalo menutup pusat perbelanjaan selama seminggu

Baca juga: Bupati Gorontalo sosialisasi penerapan PSBB di pasar
Pewarta : Debby H. Mano
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020