Hukum kemarin, arus balik turun hingga Polsek Daha Selatan diserang

Hukum kemarin, arus balik turun hingga Polsek Daha Selatan diserang

Menjelang sore jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, terlihat sepi karena diperketatnya pemeriksaan di sejumlah titik di sepanjang jalur tersebut, hal serupa juga terliat di jalur utama perbatasan Cianjur-Bandung Barat, Cianjur-Sukabumi dan Jalur Cianjur-Jonggol, Senin (1/6) (Ahmad Fikri)

Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita hukum kemarin (Senin, 1/6) yang menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca, mulai data arus balik Lebaran ini turun 70 persen hingga penyerangan Polsek Daha Selatan, Kalimantan Selatan, oleh orang tidak dikenal.

Berikut sejumlah berita hukum kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

1. Kakorlantas: Arus balik Lebaran 2020 turun 70 persen

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol. Istiono menyebutkan terjadi penurunan jumlah kendaraan arus balik hingga 70 persen pada Operasi Ketupat 2020 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Kalau disimpulkan turun sampai 70 persen jika dibanding dengan data tahun lalu," kata Irjen Pol. Istiono melalui siaran pers di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

2. Yudi Purnomo tak lagi jabat Ketua Wadah Pegawai KPK

Yudi Purnomo Harahap tidak lagi menjabat sebagai Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (WP KPK) setelah masa jabatannya berakhir pada Mei 2020.

"Bahwa benar kepengurusan Wadah Pegawai KPK 2018 sampai dengan 2020 yang diketuai oleh saya sudah berakhir akhir Mei kemarin dan Juni ini berarti demisioner," kata Yudi melalui keterangannya di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

3. Satu pekan setelah Lebaran, Jalur Puncak-Cianjur sepi

Satu pekan setelah hari raya, volume kendaraan yang melintas di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, terlihat sepi, diduga akibat ketatnya pemeriksaan di perbatasan yang diberlakukan bagi kendaraan dari luar kota atau menuju Cianjur seperti yang terlihat di kawasan Puncak Pass.

Hingga sore menjelang malam, tidak terlihat kepadatan arus atau meningkatnya volume kendaraan dari arah Bogor atau sebaliknya dari arah Cianjur menuju luar kota. Menurunnya volume kendaraan diduga karena penyekatan yang lebih diperketat pada sejumlah titik di wilayah Cianjur.

Selengkapnya di sini

4. KPK terima 58 laporan gratifikasi terkait Lebaran 2020

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga Jumat (29/5) menerima 58 laporan penerimaan gratifikasi terkait dengan Lebaran 2020 dengan total Rp62,8 Juta.

"Pelaporan tersebut berasal dari 10 kementerian/lembaga sebanyak 28 laporan, tiga pemerintah provinsi dan sembilan pemerintah kabupaten/kota sebanyak 22 laporan, dan lima BUMN/D dengan total delapan laporan," kata Plt. Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding melalui keterangannya di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

5. Begini kronologis Polsek Daha Selatan diserang orang tak dikenal

Polsek Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin, sekitar pukul 02.15 WITA diserang orang tak dikenal (OTK), kemudian membakar satu mobil patroli polisi, dan mengakibatkan satu personel Polsek Brigadir Leo Nardo Latupapua meninggal dunia.

Berdasarkan laporan Polres Hulu Sungai Selatan ke Polda Kalsel, kronologis penyerangan terjadi saat anggota jaga Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Daha Selatan melaksanakan piket jaga malam yang berjumlah tiga orang, yakni Brigadir Leo Nardo Latupapua Kepala SPKT III, Brigadir Djoman Sahat Manik Raja, dan Bripda M Azmi.

Selengkapnya di sini
Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020