Dia punya semangat belajar yang tinggi, selain juga kepekaan yang besar atas kondisi ekonomi orang tuanya.
Surabaya (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memberikan fasilitas internet gratis hingga lulus SMA kepada seorang siswa sekolah dasar di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, setelah viral di media sosial dan media massa karena keberaniannya menulis surat kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Group Head East Region XL Axiata, Bambang Parikesit dalam keterangan persnya di Surabaya, Selasa, mengapresiasi keberanian siswa yang bernama Alfiatus itu dalam menulis surat ke Mendikbud terkait problem dan segala keterbatasan yang dia hadapi agar tetap bisa belajar dan bersekolah.

"Untuk anak seusia dia, kami memandang apa yang dia lakukan itu luar biasa. Dia punya semangat belajar yang tinggi, selain juga kepekaan yang besar atas kondisi ekonomi orang tuanya. Karena itu, tanpa pikir panjang, kami langsung memutuskan untuk memberikan kemudahan baginya dalam mengakses internet. Tidak hanya untuk saat ini, namun paket data gratis sampai nanti dia lulus SMA," kata Bambang kepada wartawan.

Pemberian fasilitas tersebut, juga dikarenakan PT XL Axiata Tbk sebagai pimpinan pasar telekomunikasi wilayah Madura, sehingga XL Axiata ikut merasa bertanggung jawab atas problem masyarakat, termasuk para pelajar, khususnya untuk kebutuhan akses internet.

Sementara itu, siswa tersebut bernama Alfiatus Sholehah, pelajar Kelas 5 SDN Pademawu Barat I, Pamekasan, dan XL juga memberikan donasi akses internet gratis bagi sekolah tempat belajar Alfiatus, yakni berupa seperangkat router dan kuota data 20GB per bulan selama 1 tahun, untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

"Donasi bagi Alfiatus dan sekolahnya ini merupakan bagian dari program Gerakan Donasi Kuota dari XL Axiata yang bertujuan mendukung peningkatan kualitas pendidikan melalui donasi akses internet bagi sekolah-sekolah di berbagai pelosok wilayah Tanah Air," katanya.

Kepala Sekolah SDN Pademawu Barat 1, Abdul Muheth mengaku berterima kasih kepada PT XL Axiata Tbk, sebab sejak adanya intruksi untuk belajar dari rumah bagi para siswa, salah satu persoalan yang dihadapi adalah kemampuan akses internet para siswa, karena tidak semua siswa adalah keluarga yang berkecukupan dan memiliki sarana untuk akses internet.

"Bantuan dari XL Axiata ini tentu sangat membantu Alfiatus, demikian juga dengan bantuan router dan kuota gratis untuk sekolah kami," katanya.
 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020