Seekor buaya jenis senyulong atau mulut panjang itu berhasil ditangkap dengan menggunakan alat setrum yang dirakit warga
Jambi (ANTARA) - Warga Desa Tangkit, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi  berhasil menangkap seekor buaya jenis perairan atau senyulong  (Tomistoma schlegelii) sepanjang empat meter yang masuk ke kanal perairan warga setempat setelah kemunculannya diketahui warga yang melihatnya.

"Penangkapan dilakukan warga setempat pada Selasa (2/6) malam sekitar pukul 19:00 WIB atau selepas waktu Maghrib, " kata Heru Nusaidah, warga Tangkit, saat dihubungi dari Jambi, Rabu.

Seekor buaya jenis senyulong atau mulut panjang itu berhasil ditangkap dengan menggunakan alat setrum yang dirakit warga. 

Ia menjelaskan penangkapan dilakukan oleh warga di sebuah rawa yang berada di RT 08, Desa Tangkit, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi.

Heru menjelaskan penangkapan tersebut dilakukan karena warga resah dengan kemunculan buaya ini di mana dalam sebulan terakhir sering memunculkan dirinya di rawa tersebut hingga akhirnya buaya itu ditangkap.

Awalnya polisi dan BKSDA Jambi sempat berusaha menangkap buaya tersebut, namum tidak kunjung berhasil sehingga warga bekerjasama untuk menangkap buaya tersebut dengan merakit alat setrum.

Selain seekor buaya muara yang ditangkap tersebut, masih ada dua ekor buaya lainnya yang berada di rawa tersebut.

Saat ini buaya tersebut telah dibawa ke penangkaran BKSDA di Jambi, sementara itu belum ada keterangan resmi dari pihak BKSDA Jambi mengenai penangkapan buaya muara tersebut.

Baca juga: BKSDA Jambi tangkap buaya yang terkam warga

Baca juga: Buaya Senyulong Dikubur di Sekitar Makam Keramat Putri Ayu Jambi

Baca juga: Empat Warga Desa di Jambi Dimangsa Buaya

Baca juga: Buaya masuk kampung gegerkan warga

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020