Tujuh pemudik dan tenaga kesehatan di Probolinggo sembuh dari COVID-19

Tujuh pemudik dan tenaga kesehatan di Probolinggo sembuh dari COVID-19

Pemudik di Probolinggo yang dinyatakan sembuh dari COVID-19. (ANTARA/ HO - Diskominfo Probolinggo)

Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Sebanyak tujuh orang pemudik dan tenaga kesehatan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur dinyatakan sembuh dari COVID-19 setelah dua kali hasil swab negatif.

"Hingga hari ini terdapat tujuh orang dinyatakan sembuh dari COVID-19 yang merupakan kluster pemudik dan tenaga kesehatan," kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto di Probolinggo, Rabu malam.

Dari tujuh pasien yang sembuh tersebut terdiri dari kluster pemudik sebanyak tiga orang berasal dari Desa Prasi di Kecamatan Gading yang merupakan pemudik dari Bali dan dua orang dari Desa Pakuniran di Kecamatan Pakuniran yang merupakan pemudik dari Pontianak.

Kemudian kluster tenaga kesehatan sebanyak 4 orang di antaranya berdomisili di Kelurahan Ketapang-Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo, Desa Jangur di Kecamatan Sumberasih, dan Desa Karanganyar di Kecamatan Paiton yang ketiganya merupakan tenaga kesehatan di RSUD Tongas.

Baca juga: Seorang anak tenaga kesehatan di Probolinggo positif COVID-19

Baca juga: Tiga lagi pasien COVID-19 di Probolinggo dinyatakan sembuh


Kemudian satu lagi tenaga kesehatan yang merupakan warga Kelurahan Wiroborang di Kecamatan Mayangan yang merupakan tenaga kesehatan di RSUD Waluyo Jati Kraksaan.

"Dengan demikian warga yang sembuh dari COVID-19 di Kabupaten Probolinggo mencapai 70 orang dari total 91 orang positif, sedangkan 19 orang masih dirawat dan dua orang meninggal dunia," tuturnya.

Menurutnya ketujuh orang tersebut kondisinya bagus dan sehat, namun mereka tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing selama 14 hari dengan terus menerapkan protokol kesehatan sebaik-baiknya.

Hasil swab ketujuh orang itu keluar pada Rabu ini melalui pemeriksaan TCM (Tes Cepat Molekuler) di RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Mereka tidak punya penyakit lain karena memang dari awal mereka orang sehat dan tidak ada keluhan, sehingga statusnya orang tanpa gejala (OTG).

"Saya mengimbau kepada mereka yang sudah dinyatakan sembuh, agar jangan pernah lupa untuk mematuhi protokol kesehatan baik pada waktu melaksanakan tugas maupun saat bersosialisasi dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo tercatat jumlah pasien COVID-19 sebanyak 91 orang.*

Baca juga: Tiga pemudik di Probolinggo positif COVID-19 akhirnya sembuh

Baca juga: Lima tenaga kesehatan di Probolinggo positif COVID-19
Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020