Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi pemberitaan ekonomi pada Senin (8/6) mulai dari cadangan devisa Indonesia yang meningkat pada Mei 2020 hingga ojek online motor kembali beroperasi untuk mengangkut penumpang. Simak selengkapnya:
 

1. Cadangan devisa Indonesia meningkat pada Mei, jadi 130,5 miliar dolar

Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Mei 2020 sebesar 130,5 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan dengan posisi akhir April 2020 sebesar 127,9 miliar dolar AS.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 8,3 bulan impor atau 8,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.
 

2. Erick Thohir rombak jajaran direksi dan komisaris Wijaya Karya

Menteri BUMN Erick Thohir mengubah jajaran Dewan Komisaris dan Direksi PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2019.

Manajemen WIKA dalam keterangannya di Jakarta, Senin, menyampaikan bahwa Agung Budi Waskito ditunjuk sebagai Direktur Utama menggantikan Tumiyana.

 

3. Kemenperin siapkan aparatur industri hadapi normal baru

Kementerian Perindustrian terus berupaya menyiapkan aparatur industri agar mampu beradaptasi dengan baik dalam menghadapi era new normal atau normal baru.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah penyelenggaraan bimbingan teknis (bimtek) bagi aparatur industri di seluruh daerah kabupaten dan kota se-Indonesia secara virtual.

“Kemenperin menyelenggarakan bimtek dalam rangka sinkronisasi persepsi antara aparatur pusat dan daerah terkait kebijakan, pengembangan dan pembinaan industri dalam tatanan pola hidup new normal,” kata Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Dadi Marhadi lewat keterangannya di Jakarta, Senin.

 

4. Kemenkeu angkat pejabat Kemendag jadi direktur LPEI

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengangkat Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Kasan sebagai Anggota Dewan Direktur Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

"Semoga kehadiran Bapak dapat menjembatani Kementerian Perdagangan RI dengan LPEI dalam meningkatkan ekspor Indonesia," kata Dirjen Kekayaan Negara Kemenkeu Isa Rachmatarwata di Jakarta, Senin.

 

5. Hari ini Gojek motor mulai angkut penumpang lagi

Gojek mengumumkan bahwa layanan ojek online GoRide di Jakarta aktif kembali hari ini, Senin 8 Juni 2020, artinya layanan angkutan penumpang kembali diaktifkan.

Chief Corporate Affairs Nila Marita dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan hal tersebut sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 51 tahun 2020 dan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor 105 tahun 2020 tentang Pengendalian Sektor Transportasi Untuk Pencegahan COVID-19 Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif.

“Gojek selama ini telah memiliki prosedur yang mengedepankan aspek kesehatan dan kebersihan yang sejalan dengan SK tersebut,” ujar Nila.

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020