Target optimalnya kita berharap bisa mencapai 100 ribu ekor sapi
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui Program Global Qurban "Labbaik Berkurban Terbaik" menargetkan sebanyak 100 ribu ekor sapi dapat disembelih sebagai hewan kurban pada Idul Adha 1441 hijriah.

"Target optimalnya kita berharap bisa mencapai 100 ribu ekor sapi," kata Vice President Global Qurban Rini Maryani di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan pada tahun 2020 ini Global Qurban ACT memberdayakan para peternak lokal di berbagai wilayah perdesaan dan pedagang atau pelapak ternak di perkotaan untuk pengadaan hewan kurban.

Dengan cara tersebut diharapkan dapat membantu perekonomian para peternak lokal maupun pedagang ternak yang cukup bergantung momentum Idul Adha. Apalagi, saat ini di tengah pandemi COVID-19 roda perekonomian terutama masyarakat kecil terganggu.

Ia mengatakan total ada 43 cabang Global Qurban ACT yang tersebar di berbagai daerah Tanah Air untuk menyasar para peternak lokal termasuk pelapak di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi Jabodetabek).

Selain itu, kata Rini Maryani, hewan kurban yang dibeli oleh ACT akan disembelih langsung di lokasi peternak sehingga mereka juga mendapatkan keuntungan finansial sekaligus daging hewan kurban saat Idul Adha.

Senada dengan itu, Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin mengatakan lembaga tersebut terus berupaya membantu masyarakat yang bermasalah dengan perekonomian terutama kemiskinan.

Ia mengatakan Idul Adha memiliki hubungan erat dengan persoalan kemiskinan. Dengan berkurban, maka individu tersebut turut membantu masalah sosial orang yang membutuhkan.

Secara umum program Global Qurban yang dilakukan oleh ACT memiliki tujuan utama meningkatkan perekonomian masyarakat terutama peternak, pedagang dan masyarakat kecil.

"Jadi Global Qurban ini memiliki poin utama mengelaborasi peningkatan perekonomian," demikian Ahyudin.

Baca juga: ACT gandeng peternak lokal siapkan hewan kurban Idul Adha

Baca juga: Global Qurban ACT tawarkan kemudahan berkurban

Baca juga: ACT salurkan hewan kurban ke seluruh Indonesia dan dunia

Baca juga: ACT Lampung salurkan daging kurban menggunakan besek

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020