Jakarta (ANTARA) - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menegaskan bahwa program servis gratis yang ditawarkan via tautan s.id/SuzukiPeduliCovid dengan mengatasnamakan Suzuki dan beredar lewat pesan berantai adalah hoaks.

Menanggapi hal tersebut, PT SIS melalui keterangan resminya, Rabu, menyatakan bahwa program tersebut bukan dari PT SIS dan dibuat tanpa persetujuan atau izin PT SIS, sehingga setiap informasi yang terdapat di dalamnya sama sekali tidak benar.

Baca juga: Suzuki buka kembali pabrik di Indonesia secara bertahap

Baca juga: Suzuki apresiasi tenaga medis lewat program Auto Value


"Saat ini beredar broadcast message program ‘Suzuki Peduli COVID’ berupa perawatan mobil gratis yang bisa didapatkan konsumen dengan mengisi sejumlah data penting. Kami menduga ini adalah penipuan untuk mengumpulkan data konsumen karena PT SIS tidak pernah mengeluarkan program tersebut," kata 4W, 2W, Marine Service Director PT SIS, Riecky Patrayudha.

Pesan hoaks tersebut menawarkan perawatan mobil secara gratis meliputi beberapa layanan seperti ganti oli, tune up, sparepart, balancing, spooring, checkup 32 part, gratis masker dan hand sanitizer.

Namun, konsumen terlebih dahulu harus mengisi data-data penting dan pribadi berupa nama, alamat, nomor telepon, e-mail, dan sebagainya.

Menurut Riecky, informasi resmi dari setiap program yang ditawarkan oleh pihaknya akan diberitahukan melalui surat resmi kepada semua diler, situs, dan media sosial resmi Suzuki Indonesia.

Ia melanjutkan, pihaknya telah membuat laporan resmi pengaduan konten negatif berupa berita bohong kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

"Untuk itu, pada Selasa (16/06), kami telah membuat laporan resmi pengaduan konten negatif berupa berita bohong kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Kami harap konsumen kami tidak tertipu dengan pesan hoaks tersebut," kata Riecky.

PT SIS menginformasikan bahwa semua program Suzuki Indonesia yang resmi akan tercantum pada website Suzuki Indonesia (www.suzuki.co.id) serta media sosial Suzuki Indonesia (Facebook, Twitter, dan Instagram).

Selain itu, Suzuki juga menyediakan layanan bebas pulsa 24 jam di Halo Suzuki (0800 1100 800) yang dapat konsumen Suzuki gunakan untuk memastikan setiap program (Sales, Service, dan Sparepart) yang ada di Suzuki.

Baca juga: Suzuki klaim pangsa pasarnya naik selama COVID-19

Baca juga: Penjualan mobil Suzuki turun 18 persen April

Baca juga: Suzuki GIXXER 250 hadir dengan mesin baru
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020