Anggota DPR Sanusi Rahaningmas sosialisasikan empat pilar kebangsaan

Anggota DPR Sanusi Rahaningmas sosialisasikan empat pilar kebangsaan

Anggota DPD RI periode 2019-2024, M Sanusi Rahaningmas menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan bagi pemuda di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Jumat (19/6/2020. (Antara Papua Barat / Ernes Kakisina)

Sorong (ANTARA) - Anggota DPD RI periode 2019-2024, M Sanusi Rahaningmas menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan bagi pemuda di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Jumat.

Sanusi Rahaningmas mengatakan bahwa pelaksanaan sosialisasi empat pilar ini adalah program rutin yang dilaksanakan oleh MPR setiap tahun dalam rangka menanamkan jiwa dan semangat patriotisme masyarakat pada negara dan bangsa.

Sosialisasi di Kota Sorong kali ini, kata dia, pesertanya adalah kelompok pemuda dari organisasi pemuda karena pemuda adalah generasi penerus bangsa, tongkat estafet yang akan melanjutkan perjuangan pembangunan bangsa di masa mendatang.

Menurut dia, sebagai tongkat estafet kepemimpinan bangsa, maka pemuda perlu memiliki rasa kebangsaan, keberagaman, dan memiliki rasa cinta Tanah Air. Memiliki rasa kebersamaan antara satu dengan yang lain, sehingga perlu kita tanamkan nilai-nilai dasar dari Pancasila dan yang tercantum dalam empat pilar ini.

"Jangan sampai nilai-nilai kebangsaan tersebut sirna, karena masih ada kelompok-kelompok orang yang ingin menghancurkan Pancasila sebagai ideologi bangsa," ujarnya.
Baca juga: Bamsoet sosialisasi empat pilar secara virtual di masa normal baru

Dia menyatakan bahwa salah satu tujuan sosialisasi ini pula untuk membatasi paham-paham radikal yang begitu nyata dalam kehidupan bermasyarakat akhir-akhir ini.

Menanamkan rasa cinta Tanah Air, sehingga pemuda Indonesia terlebih khusus Kota Sorong tidak mudah terprovokasi serta termakan isu atau ajakan-ajakan yang bisa membawa pemuda pada hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sosialisasi ini agar membuka wawasan pemuda dalam menyikapi isu-isu rasisme yang digencarkan oleh pihak-pihak yang punya kepentingan politik mengguncang tatanan hidup masyarakat," tambah dia.
Baca juga: Bamsoet: almarhum Taufik Kiemas layak jadi Bapak Empat Pilar MPR
Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020