Saya bersyukur bisa bertugas sebagai dubes di Indonesia, ini adalah berkat dan karunia bagi saya
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom menyebut Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang, terutama dari generasi milenial.

“Saya merasa anak muda milenial Indonesia punya kebanggaan dan ambisi besar,” kata Kim dalam acara daring “Ngobrol Sore” yang diselenggarakan Pusat Kebudayaan Korea (KCC) di Indonesia, Rabu.

Dengan besarnya populasi Indonesia, menurut Kim, generasi milenial menjadi aset yang dapat memberi manfaat bagi kemajuan bangsa dan negara.

Bahkan dalam menghadapi pandemi COVID-19, golongan milenial menunjukkan optimisme tersendiri sehingga Indonesia dipandang mampu menangani wabah tersebut dengan lebih baik dibandingkan negara berpopulasi besar lainnya.

Baca juga: Kemitraan Strategis Khusus jadi alasan Korsel prioritaskan Indonesia
Baca juga: Dubes Korsel paparkan strategi hadapi lonjakan kasus COVID-19


“Jika Anda melihat jumlah kasus di seluruh dunia, terutama di negara-negara dengan populasi lebih dari 150 juta jiwa, saya pikir apa yang dilakukan Indonesia cukup baik,” ujar diplomat yang pernah bertugas sebagai Duta Besar Korea Selatan untuk Belgia dan Uni Eropa.

Melihat besarnya potensi generasi milenial di Indonesia serta kegemaran mereka terhadap budaya Korea, mulai dari musik hingga sinema, Kim yakin hubungan bilateral kedua negara akan semakin berkembang di masa depan.

Sedangkan di tingkat pemerintah, Indonesia dan Korea Selatan telah menjadi mitra yang dapat membangun kesejahteraan bersama melalui penguatan kerja sama di berbagai bidang.

“Saya bersyukur bisa bertugas sebagai dubes di Indonesia, ini adalah berkat dan karunia bagi saya,” ujar diplomat yang mendapat gelar master dari Johns Hopkins University, Amerika Serikat.

Kim akan segera menyudahi masa tugasnya di Indonesia, yang sekaligus menandai akhir masa baktinya sebagai diplomat Korea Selatan.

Sekembalinya ke Seoul, pria berusia 60 tahun itu akan mendirikan pusat studi dan budaya di Korea yang diperuntukkan sebagai platform diskusi tentang solusi tantangan global dan lembaga riset.

Pengganti Kim dijadwalkan tiba di Indonesia pada Juli 2020.

Baca juga: Selesai masa tugas, Dubes Kim berpamitan kepada publik Indonesia
Baca juga: Ulang tahun Jokowi: Dubes Kim ucapkan selamat, unggah gambar tumpeng


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020