Jakarta (ANTARA) - Honda Motor Eropa berencana mengaplikasikan mesin hybrid yang diadopsi dari teknologi mobil balap F1 untuk model terbaru All New Honda Jazz yang diluncurkan akhir tahun ini.

Mesin terbaru Honda Formula 1 adalah RA620H, menggunakan mesin 1.600 cc enam silinder dengan internal combustion engine, serta dikombinasikan Energy Recovery System.

Honda akan merancang dan mengaplikasikan Hybrid Power Unit (PU) ke dalam sistem hybrid terbaru bernama "e:HEV" pada mobil itu.

Baca juga: Penjualan sepeda motor diprediksi turun sampai 45 persen

Baca juga: Honda selidiki dugaan serangan siber, incar operasional pabrik


“Di sepanjang balap Formula 1, tim kami dengan cermat telah mengukur berapa banyak bensin yang dikonsumsi agar dapat mengikuti ketentuan dari penyelenggara balap," kata Head of PU Development Honda Yasuaki Asaki, dalam siaran pers hari ini.

"Di mesin e:HEV yang kami rancang, kami mengaplikasikan pengalaman dari ajang balap untuk memastikan mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang besar dengan rasio efisiensi bahan bakar terbaik pada mode berkendara apapun," kata Yasuaki Asaki.

Sistem hybrid yang ada memungkinkan daur ulang energi dari pengereman dan gas buang, guna memberikan tenaga tambahan yang dapat menambah kecepatan mobil dan mengurangi gejala lag atau kurang responsif pada kendaraan.

Mesin itu terdiri dua buah komponen motor elektrik yang terhubung dengan mesin 1.5L DOHC i-VTEC, baterai lithium-ion, dan transmisi fixed-gear melalui intelligent power control unit yang bekerja secara berkesinambungan untuk memberikan respon yang cepat dan halus.

Pada mayoritas situasi berkendara di perkotaan, efisiensi bahan bakar yang optimal diraih melalui transisi di antara EV Drive dan Hybrid Drive.

Saat berkendara di jalan tol, mode Engine Drive digunakan untuk mensuplai lebih banyak tenaga dan menambah kecepatan. Sedangkan di jalan umum, kendaraan akan menggunakan mode Hybrid Drive dimana tenaga berlebih dari mesin berbahan bakar dapat didaur ulang untuk mengisi daya baterai melalui generator.

EV Drive juga bekerja saat mobil melambatkan kecepatan, dengan mengumpulkan lebih banyak energi saat menginjak pedal rem secara berkelanjutan untuk mengisi daya baterai.

Dibandingkan penggunaan transmisi konvensional, All New Honda Jazz kini dilengkapi transmisi Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (eCVT) dengan single-fixed gear untuk menciptakan koneksi langsung antara beberapa komponen. Hal itu menghasilkan torsi halus dan responsif saat berakselerasi di semua mode berkendara.

Untuk menciptakan pengalaman berkendara yang menyenangkan dengan efisiensi bahan bakar optimal, e:HEV hybrid dapat mengatur pergantian secara otomatis di antara tiga mode, antara lain:

EV Drive: baterai lithium-ion menyalurkan energi listrik ke motor penggerak secara langsung.

Hybrid Drive: mesin bekerja dengan menyalurkan energi ke generator listrik, yang kemudian disalurkan ke motor penggerak listrik.

Engine Drive: mesin berbahan bakar bensin terhubung langsung ke roda melalui lock-up clutch dan daya gerak ditransmisikan secara langsung dari mesin ke roda.

Baca juga: Honda hadirkan CR-V Black Edition di Jepang

Baca juga: Honda masih pikir-pikir bentuk tim Esport

Baca juga: HPM gelar kejuaran balap HRSC menggunakan simulator
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020