BPJamsostek buka layanan untuk pulau pemukiman di Kepulauan Seribu

BPJamsostek buka layanan untuk pulau pemukiman di Kepulauan Seribu

Bupati Kepulauan Seribu Husei Murad meninjau kantor unit pelayanan khusus BPJamsostek di Kantor Bupati Pulau Pramuka, Kamis (25/6/2020) (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Jakarta (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) membuka kantor unit pelayanan khusus untuk melayani pulau-pulau pemukiman di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Layanan baru itu diresmikan di sela-sela sosialisasi program agen penggerak jaminan sosial (Perisai) dan penyerahan santunan jaminan kematian di Kantor Bupati Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka, Kamis.

Baca juga: Ketua RW se Kepulauan Seribu disosialisasikan program "Perisai"Baca juga: Ketua RW se Kepulauan Seribu disosialisasikan program "Perisai"

Bupati Kepulauan Seribu, Husei Murad berharap dengan dibukanya layanan itu, warga yang mendaftar sebagai peserta BPJamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan dua jaminan, yaitu jaminan kecelakan kerja dan jaminan kematian.

“BPJamsostek sudah membentuk unit pelayanan di Kepulauan Seribu, ini berarti layanan sudah mencapai pulau-pulau kecil,” kata Bupati Husein.

Baca juga: Baznas daftarkan 1.000 warga Kepulauan Seribu kepesertaan BPJamsostek

Husein menjelaskan di Kepulauan Seribu, terdapat warga dengan pekerjaan formal, terdapat juga banyak warga yang berusaha sendiri yang dalam kategori bukan penerima upah. Karena ketidaktahuan mereka belum menjadi peserta BPJamsostek.

Sementara itu, Deputi Direktur Wilayah DKI Jakarta BPJamsostek Cotta Sembiring mengatakan unit layanan itu dalam rangka mendekatkan BPJamsostek kepada masyarakat. Selain membuka layanan, pihaknya juga memberikan sosialisasi dan edukasi kepada 24 ketua RW di Kepulauan Seribu tentang program Perisai.

Baca juga: BPJamsostek bayarkan santunan kematian di Kepulauan Seribu

“Intinya target kita adalah siapa pun pekerja bukan penerima upah wajib memiliki kepesertaan di BPJamsostek,” harap Cotta.

Program Perisai yang diluncurkan BPJS Ketenagakerjaan adalah upaya untuk melibatkan masyarakat untuk menjadi penggerak jaminan sosial.

Insentif yang diberikan agen Perisai antara lain sekitar 7,5 persen dari iuran bulanan dari peserta ketenagakerjaan yang direkut agen Perisai.

Selain itu, petugas BPJamsostek yang ada di Pulau Pramuka dapat berkordinasi dengan RW untuk mensosialisasikan program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh masyarakat.

Pewarta : Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020