Semoga apa yang dilakukan Nestle ini bisa menjadi teladan perusahaan-perusahaan lainnya
Jakarta (ANTARA) - Nestle Indonesia memberikan bantuan paket makanan dan minuman bernutrisi berupa 110.000 produk perusahaan dan 1.400 paket sembako kepada komunitas pemungut sampah yang rentan terdampak pandemi COVID-19.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Presiden Direktur Nestle Indonesia Ganesan Ampalavanar kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Kantor Kemenko Marves Jakarta, Selasa (30/6/2020) untuk selanjutnya secara simbolis didistribusikan bersama Sustainable Waste Indonesia.

"Pemerintah sangat concern terhadap pengendalian dan penanggulangan dampak COVID-19 ini. Berbagai stimulus ekonomi dan skema bantuan pemerintah telah diluncurkan untuk menghindari dampak yang lebih besar. Kami terus berupaya memperbaiki kinerja dan terus berkolaborasi dengan banyak pihak untuk mendistribusikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Semoga apa yang dilakukan Nestle ini bisa menjadi teladan perusahaan-perusahaan lainnya," kata Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Perusahaan pangan multinasional bantu pengembangan vaksin COVID-19

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves Nani Hendiarti menambahkan penerapan pola hidup bersih dan sehat yang selama ini digaungkan melalui Gerakan Indonesia Bersih, sangat relevan untuk dilaksanakan agar tercipta lingkungan yang bersih dari sampah dan terhindar dari sumber berbagai penyakit.

"Pemungut sampah merupakan komunitas yang sangat berperan dalam upaya pengelolaan sampah dan berkontribusi bagi terciptanya lingkungan yang lebih bersih, namun di sisi lain, kondisi mereka juga sangat rentan. Semoga bantuan ini memberikan manfaat untuk menjaga kondisi kesehatan dan bisa sedikit membantu meringankan beban ekonomi mereka," jelasnya.

Sementara itu, Ganesan mengungkapkan saat pandemi seperti saat ini, pihaknya ingin turut hadir membantu sebanyak mungkin yang pihaknya mampu, utamanya kepada kelompok masyarakat rentan yang terkena dampak pandemi.

"Salah satu komunitas terdampak yang sangat kami pedulikan adalah para pekerja pemungut sampah yang berperan penting terhadap waste management system, perkembangan ekonomi sirkular, dan kelestarian lingkungan. Dengan memberikan dukungan makanan dan minuman bergizi, kami berharap saudara-saudara kita agar tetap sehat terutama di saat pandemi ini," ujarnya.

Paket makanan dan minuman bernutrisi serta sembako akan disalurkan untuk komunitas pekerja pemungut sampah yang tersebar di Jabodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara), Jawa Tengah (Solo dan  Semarang), dan Jawa Timur (Malang, Pasuruan, Madiun, Nganjuk, Demak, dan Kediri).

Selama pandemi COVID-19 di Indonesia yang dimulai sejak awal Maret, Nestle Cares telah menyalurkan bantuan berupa lebih dari 1,4 juta alat pelindung diri (APD) dan lebih dari 1,6 juta produk makanan dan minuman untuk mendukung tenaga kesehatan yang sedang bertugas di garda terdepan serta masyarakat yang terdampak.

Baca juga: Nestle Indonesia sumbang APD dan makanan bergizi untuk tenaga medis

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020