Jakarta (ANTARA) - Daniel Ricciardo menyambut kembalinya Fernando Alonso ke Formula 1 musim depan sebagai penggantinya di Renault, tapi ia tak akan memberi juara dunia dua kali itu kesempatan menjajal mobil balapnya untuk membantunya pemanasan.

Pebalap Australia itu akan meninggalkan Renault setelah musim ini usai dan ia sangat senang jika Alonso kembali berkompetisi.

"Akan luar biasa tentunya bagi olahraga ini. Dia adalah nama besar di olahraga ini dan telah berada di sana bertahun-tahun," kata Ricciardo soal Alonso yang akan berusia 39 tahun akhir bulan ini, seperti dilansir Reuters, Jumat WIB.

"Kembali ke tim dan brand yang mempersembahkan kedua gelar itu aku rasa cocok. Dan aku sangat senang bisa balap melawan dia lagi."

"Para pebalap muda itu bagus tapi mereka membuatku merasa tua, jadi ada satu lagi pebalap yang lebih tua di grid akan baik untukku," kata Ricciardo di sesi jumpa pers di Red Bull Ring, jelang Grand Prix Styria.

Alonso terakhir membalap di F1 bersama McLaren pada 2018 dan Ricciardo ketika ditanya apakah mau meminjamkan mobilnya di sesi latihan bebas tahun ini kepada Alonso, ia menjawab "tidak".

Baca juga: Umur bukan kendala bagi Alonso untuk kembali ke F1 tahun depan

Baca juga: Alonso resmi kembali ke F1 bersama Renault musim depan


"Aku mendengar kata-kata 'bantu Fernando Alonso'. Dia tak perlu bantuan apa pun. Sepertinya ia tidak melambat di usianya sekarang. Musim terakhirnya di F1 cukup kuat dai apa yang aku lihat dan dengar."

Bos tim Renaul Cyril Abiteboul mengungkapkan, Rabu, jika tak ada rencana untuk memberi Alonso kesempatan di akhir pekan balapan tapi mereka kemungkinan menjalankan mobil tahun 2018 Renault di sesi lain.

Rekan satu tim Ricciardo, Esteban Ocon, yang mengidolakan Alonso sejak kecil, mengatakan jika sang pebalap Spanyol itu akan membantu membangun sesuatu yang baru di Renault.

"Dia sangat termotivasi. Aku berkirim pesan dengannya kemarin atau sebelumnya dan dia sangat bersemangat untuk kembali," kata pebalap 23 tahun asal Prancis itu.

Baca juga: Jika Alonso kembali ke F1, aku akan sangat senang, kata Ocon

Baca juga: Alonso menangi balap virtual Legends Trophy di Indianapolis


 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020