IDI Makassar bantu korban bencana banjir bandang di Luwu Utara

IDI Makassar bantu korban bencana banjir bandang di Luwu Utara

Kondisi rumah dan mobil yang tertimbun lumpur akibat terjangan banjir bandang di Kecamatan Masammba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Rabu (15/7/2020). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/hp.

Makassar (ANTARA) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar menyerahkan bantuan musibah bencana alam banjir bandang yang menimpa warga Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Ketua IDI Makassar Dr dr Siswanto Wahab Sp.KK (K) di Makassar, Rabu mengatakan musibah banjir yang melanda Kabupaten Luwu Utara menjadi duka bersama.

"Ini adalah ujian kita bersama. Saudara-saudara kita di sana sedang dilanda musibah dan kita semua wajib meringankan beban itu dengan bergotong royong seperti yang dilakukan sekarang ini," katanya.

Ia mengatakan hujan yang mengguyur Kabupaten Luwu Utara, khususnya Kecamatan Masamba dan Desa Tadda dengan kecepatan angin lima knot itu telah membuat sejumlah sungai meluap.

Siswanto menyatakan jika bencana yang dialami warga Luwu Utara bukan hanya bencana alam saja, sebab saat ini seluruh warga di hampir semua negara juga sedang mengalami bencana nonalam, yakni pandemi COVID-19 sehingga kondisi ini pastinya berat.

"Ada dua bencana yang dihadapi saudara-saudara kita di Luwu Utara, bencana alam dan bencana nonalam. Makanya, kita harus bersama-sama menguatkan mereka dengan memberikan bantuan materil maupun nonmateril," kata Siswanto Wahab.

Humas IDI Makassar dr Wachyudi Muchsin menyerahkan bantuan itu berupa 30 set alat pelindung diri (APD) , lima liter hands anitizer dan dua boks masker surgical.

Ia mengatakan, bantuan yang diserahkan adalah bantuan tahap awal untuk para tenaga medis maupun sukarelawan yang ada di lokasi bencana dan pihaknya juga terus memantau situasi dan kondisi di Luwu Utara.

"Semoga bantuan ini bermanfaat buat relawan, warga, dokter dan nakes yang ada di medan bencana. IDI Makassar sangat berduka mendalam atas cobaan yang menimpa saudara kita di Masamba, Luwu Utara," demikian Wachyudi Muchsin.

Baca juga: Bantu korban banjir-longsor Luwu Utara, IZI Sulsel dirikan dapur umum

Baca juga: 4.930 keluarga terdampak banjir bandang di Luwu Utara

Baca juga: Banjir bandang di Luwu Utara akibatkan 223 rumah rusak berat

Baca juga: Bupati Luwu Utara tunggu bantuan pusat tangani dampak banjir
Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020