Positif COVID-19 di Kaltim bertambah 34 orang

Positif COVID-19 di Kaltim bertambah 34 orang

Juru bicara gugus tugas COVID-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak. ANTARA/Arumanto

Samarinda (ANTARA) - Kasus COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur kembali mengalami lonjakan jumlah pasien dengan adanya tambahan sebanyak 34 orang terkonfirmasi positif berdasarkan update Dinas Kesehatan wilayah setempat, Rabu (15/7).

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan penambahan kasus terkonfirmasi positif saat ini didominasi terjadi di wilayah Kota Samarinda dengan jumlah 17 orang.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 NTB bertambah 30 orang

"Tambahan kasus positif kedua di Kutai Kartanegara dengan jumlah delapan orang, disusul Balikpapan dengan enam orang, Kutai Timur, Berau dan Paser masing- masing satu orang," kata Andi Muhammad Ishak menyampaikan rilis harian secara virtual di Samarinda, Rabu.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim itu tidak menjelaskan secara detail tambahan 17 orang terkonfirmasi positif di Samarinda apakah sudah termasuk Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi.

Baca juga: 11 santri Pondok Gontor kembali ditemukan positif COVID-19

Andi Muhammad Ishak hanya menyebutkan tambahan kasus di Samarinda pasien dengan kode SMD107 - SMD 119 dengan identitas laki- laki dan perempuan dalam usia antara 20-54 tahun dan saat ini telah mendapatkan penanganan di Rumah Sakit rujukan COVID-19 Kota Samarinda.

Sedangkan tambahan delapan kasus di Kukar ditandai pasien dengan kode KKR 86 - KKR 93 yakni pasien dengan identitas laki- laki dan perempuan dalam usia antara 25-43 tahun dan saat ini telah mendapatkan penanganan media di RS Kutai Kartanegara.

Baca juga: 10 santri Pondok Gontor terpapar COVID-19 sembuh total

Sementara tambahan enam kasus di Balikpapan ditandai pasien dengan kode BPN 278 - BPN 283 merupakan pasien dengan identitas laki- laki dan perempuan dalam usia antara 20-48 tahun dan saat ini juga sudah mendapatkan perawatan medis di RS Kota Balikpapan.

Untuk tambahan satu kasus di Berau yakni BRU 52 laki-laki 48 tahun warga Berau, merupakan OTG yang ditetapkan DPJP dan Dinkes Berau, kasus dirawat di RSUD A Rivai, Berau.

Satu kasus di Kutai Timur yakni KTM 77 laki-laki 40 tahun warga Kutai timur, merupakan kasus PDP dengan keluhan batuk, lemas, serta rapid test reaktif. Kasus merupakan kontak dari KTM 73. Kasus dirawat di RSUD Kudungga Sangatta, Kutim.

Tambahan satu pasien di Paser yaini PSR 55 laki-laki 40 tahun warga Sumatera Barat, merupakan OTG yang akan kembali bekerja di Paser, kasus dirawat di RSUD Panglima Sebaya, Paser.

Andi Muhammad Ishak juga menyampaikan adanya tambahan pasien sembuh sebanyak tujuh orang dengan rincian empat orang di Balikpapan dan tiga lainnya di Kutai Timur.

"Saat ini jumlah kasus positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 756 kasus, sebanyak 519 orang dinyatakan sembuh, 220 orang masih menjalani perawatan medis dan 17 orang dinyatakan meninggal dunia," tegasnya.

Pewarta : Arumanto
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020