Kemarin, penangkapan Catherine Wilson hingga 20 perusuh demo DPR

Kemarin, penangkapan Catherine Wilson hingga 20 perusuh demo DPR

Massa dari berbagai elemen melakukan unjuk rasa di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Aksi yang dihadiri oleh buruh dan mahasiswa itu menuntut DPR untuk menghentikan pembahasan Omnibus Law RUU Cipta Kerja. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.

Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di wilayah Jakarta terjadi pada Jumat (17/7) disiarkan Antara dan masih dapat dibaca kembali untuk informasi akhir pekan ini.

1. DKI resmi tiadakan SIKM karena kurang efektif

Pemprov DKI Jakarta resmi meniadakan surat izin keluar masuk (SIKM) sebagai syarat dari dan ke wilayah Jakarta bagi warga Jakarta dan luar Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) karena kurang efektif.

"Kendati telah mampu menekan pergerakan orang yang keluar-masuk Jakarta, Pemprov DKI Jakarta resmi meniadakan SIKM dengan berbagai pertimbangan," Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

selengkapnya baca disini

2. Polisi pastikan 20 remaja diamankan bukan massa pengunjuk rasa

Polda Metro Jaya memastikan 20 remaja yang diamankan usai aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR, Kamis (16/7) malam, bukan bagian dari massa pengunjuk rasa.

"Bukan pendemo itu, mereka perusuh. Ada yang anak-anak juga, masih di bawah usia ya," kata kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat saat dihubungi, di Jakarta, Jumat.

Tubagus juga menegaskan bahwa 20 orang tersebut bukan bagian dari massa yang berunjuk rasa menuntut pencabutan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP) dari Program Legislasi Nasional dan penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja (RUU Ciptaker).

selengkapnya baca disini

3. Reklamasi Ancol dinilai tak punya dasar hukum jelas

Pengamat tata kota Yayat Supriyatna menyatakan proyek reklamasi Ancol yang saat ini dipermasalahkan, tidak mempunyai dasar hukum yang jelas untuk dieksekusi.

Masalah dalam perizinan reklamasi Ancol yang diterbitkan Anies lewat Keputusan Gubernur Nomor 273 Tahun 2020, kata Yayat di Jakarta, Jumat, karena tidak memiliki payung hukum yang sesuai, yakni Pembaruan Peraturan Daerah (Perda) mengenai Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Zonasi.

Hal itu karena, menurutnya, Perda Nomor 1 Tahun 2014 Tentang RDTR tak mencantumkan rencana perluasan kawasan rekreasi Ancol seluas 155 hektare (ha), dengan pembagian 35 ha untuk Pulau K dan 120 ha untuk Pulau L.

selengkapnya baca disini

4. Diduga terlibat narkoba, Catherine Wilson ditangkap polisi

Model Catherine Wilson ditangkap petugas dari Polda Metro Jaya lantaran diduga terlibat kasus penyalahgunaan narkoba.

"Tadi pagi benar ada publik figur diamankan di kediamannya di Jalan Damai, Ciganjur, inisial CW alias K," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Mako Polda Metro Jaya, Jumat.

Yusri menjelaskan CW diamankan sekitar pukul 10.00 WIB. CW diamankan berdasarkan laporan dari masyarakat tentang adanya perkara penyalahgunaan narkoba. Yang bersangkutan seorang diri saat dilakukan penangkapan.

selengkapnya baca disini

5. Terkait kinerja perusahaan, DPRD panggil Perumda Sarana Jaya

DPRD DKI Jakarta menjadwalkan pemanggilan terhadap manajemen Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya untuk mengevaluasi kinerja perusahaan.

“Kami sudah menjadwalkan, kemungkinan dua pekan akan datang,” kata Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan pemanggilan itu merupakan bentuk pengawasan legislatif terhadap kinerja Perumda Sarana Jaya sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov DKI Jakarta.

selengkapnya baca disini
Pewarta : Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020