Karena hasil tes usapnya positif, beliau kini diisolasi di Semen Padang Hospital
Kota Padang Panjang (ANTARA) - Kasus COVID-19 di Padang Panjang, Sumatera Barat, bertambah satu orang setelah diketahui seorang warga mengikuti tes usap di Rumah Sakit Semen Padang pada Jumat (17/7) yang akan melakukan perjalanan ke Bali.

"Informasi itu kami terima jelang siang ini dari Dinas Kesehatan Sumbar. Ada tambahan satu warga Padang Panjang positif COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang, Nuryanuwar di Padang Panjang, Selasa.

Baca juga: Semua pasien COVID-19 di Padang Panjang dinyatakan sembuh

Warga yang tertular penyakit yang menyerang saluran pernapasan tersebut merupakan warga Kelurahan Kampung Manggis inisial BS.

Ia mengatakan BS tidak memiliki riwayat perjalanan dari daerah manapun dan baru akan bepergian ke Bali sehingga mengikuti tes usap pada Jumat (17/7).

Baca juga: Mantan wakil wali kota Padang Panjang sembuh dari COVID-19

Selain itu, warga tersebut juga tidak masuk dalam daftar riwayat kontak dari pasien COVID-19 sebelumnya di Padang Panjang.

"Karena hasil tes usapnya positif, beliau kini diisolasi di Semen Padang Hospital (SPH)," ujarnya.

Baca juga: Dua tenaga kesehatan di Padang Panjang positif COVID-19

Dengan penambahan satu kasus, jumlah kasus COVID-19 di Padang Panjang menjadi 32 orang dengan rincian 30 orang sudah dinyatakan sembuh, satu diisolasi di RSUD Padang Panjang dan satu di SPH.

Nuryanuwar mengingatkan masyarakat bahwa risiko penularan virus masih dapat terjadi sehingga diminta selalu mematuhi protokol kesehatan COVID-19 seperti memakai masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Baca juga: Dinkes: Mantan Wawali Kota Padang Panjang dan istri positif COVID-19

Warga yang usai bepergian atau beraktivitas di luar rumah juga diminta agar segera membersihkan diri sebelum melakukan interaksi kembali dengan anggota keluarga di rumah.

"Serta jaga dan tingkatkan kekebalan tubuh dengan makan makanan bergizi serta olahraga secara teratur," ujarnya.

Baca juga: 21 pasien COVID-19 Padang Panjang sembuh dan 4 masih diisolasi

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020