Medan (ANTARA) - Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah mengingatkan tentang Netralitas TNI pada pelaksanaan Pilkada tahun 2020.

"Selaku Pangdam I/BB harus dapat menjamin Netralitas TNI di wilayah Kodam I Bukit Barisan sesuai amanat konstitusi, perintah Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Darat," ujarnya, dalam sambutan pada penutupan Apel Dansat Tersebar Kodam I/BB Tahun 2020 di Makodam, pada Selasa.

Pangdam menambahkan, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, Kodam I/BB akan memberikan bantuan pengamanan kepada Polri dalam menjamin situasi yang kondusif di tengah masyarakat sebelumnya, selama dan sesudah pelaksanaan Pilkada tahun 2020.

"Sehubungan dengan selesainya kegiatan Apel Dansat ini, saya harapkan para Komandan satuan agar segera melakukan evaluasi terhadap kinerja satuan masing-masing, dapat melaksanakan berbagai perbaikan dan koreksi, sehingga kelemahan serta kekurangan yang ditemukan dapat dilakukan perbaikan semaksimal mungkin," ujarnya.

Ia juga mengingatkan, bahwa tantangan tugas ke depan semakin kompleks dan tidak ringan yang memerlukan kerja keras dari para Komandan satuan untuk mewujudkan kesiapsiagaan satuan operasional Kodam I/BB.

Pangdam mengucapkan selamat jalan kembali ke kesatuan masing-masing, perhatikan faktor keamanan selama perjalanan dan sampaikan salam hormat kepada seluruh anggota serta keluarga.

Turut hadir dalam acara itu Kasdam I/BB Brigjen TNI Didied Pramudito,Kapoksahli Pangdam I/BB, Danrem 033/WP, Danrem 032/WB, Danrem 031/WB, Danrem 023/KS, Danrem 022/PT,Danrindam I/BB,Asrendam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Dandim, para Danyon jajaran Kodam I/BB.

Baca juga: Kapolri beri "reward" Tim Gakkumdu jika sukses kawal pilkada serentak

Baca juga: Bawaslu teken "MoU" Gakkumdu bersama kepolisian dan kejaksaan

Baca juga: Mendagri imbau daerah segera selesaikan NPHD Pilkada Serentak

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020