Orangnya sangat sopan dan akhlaknya harus menjadi inspirasi semua
Cirebon (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil mengaku sering diberi nasihat oleh Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat, baik sebelum menjabat maupun sesudah.

"Memori saya sangat banyak, sebelum saya menjadi Wali Kota Bandung pernah sowan ke sini diberi nasihat. Dan ketika menjadi Wali Kota Bandung saya sering diberi nasihat juga," kata Ridwan Kamil di Cirebon, Rabu. 

Menurut dia nasihat yang diberikan sangat bermanfaat bagi dirinya, terutama setelah menjabat baik sebagai wali kota maupun gubernur.

Selain itu, sosok Sultan Sepuh juga susah dilupakan, menurut Ridwal Kamil, sultan pribadi yang sangat sopan kepada siapa pun dan tidak pernah membeda-bedakan. Untuk itu, sebagai warga bisa mengambil sisi baik dari Sultan Sepuh.

"Orangnya sangat sopan dan akhlaknya harus menjadi inspirasi semua," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Jabar sampaikan belasungkawa wafatnya Sultan Sepuh Cirebon

Baca juga: Jenazah Sultan Sepuh Cirebon tiba di rumah duka


Dia mengakui bahwa Sultan Sepuh merupakan pelaku sejarah, seni dan budaya yang sangat dihormati, sehingga dipercaya sebagai ketua Forum Silaturahmi Keraton Se Nusantara.

"Beliau ini di antara pelaku sejarah yang paling dihormati, maka dipilih sebagai pimpinan organisasi Keraton se-Nusantara," katanya.

Tidak hanya itu Ridwan Kamil juga mengenang saat diberi masukan terkait pelaksanaan kirab budaya se-Nusantara dan itu semua ide dari Sultan Sepuh.

Ridwan Kamil mengaku sangat kehilangan dengan kepulangan Sultan Sepuh dan berharap semua amal ibadah, iman serta Islam Sultan Arief diterima di sisiNya.

"Kita juga pernah bikin parade se-Nusantara dulu di Bandung dan itu juga masukan dari beliau," tuturnya.

Baca juga: Sultan Kasepuhan Cirebon meninggal karena kanker usus

Baca juga: Keraton Kasepuhan Cirebon ubah museum pusaka jadi modern

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020