Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat dengan memanfaatkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada Ahad.

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji menyampaikan sosialisasi di Jalan Sultan Iskandar Muda (simpang Jl KH Moh Safei Hadzami sampai simpang Jl Cendrawasih) di Kecamatan Kebayoran Lama.

Terdapat lima lokasi HBKB atau "car free day" (CFD) di wilayah Jakarta Selatan yang tersebar di lima kecamatan, seperti Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari, di Kecamatan Kebayoran Baru.

Jalan Sultan Iskandar Muda (Start Simpang Jl KH Moh Safei Hadzami sampai simpang Jl Cendrawasih) di Kecamatan Kebayoran Lama.

Lalu, Jalan Tebet Barat Dalam Raya (dari Kantor Kecamatan Tebet sampai pertigaan Pasar Tebet) di Kecamatan Tebet.

Baca juga: Pekan kedua CFD di Jaksel masih temukan pelanggaran
Baca juga: CFD di Jalan Pemuda ditiadakan akibat ada warga terinfeksi COVID-19


Selanjutnya di Jalan Kesehatan Raya, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan dan Jalan Cipete Raya di Kecamatan Cilandak.

Kepada masyarakat, Isnawa yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jakarta Selatan mengatakan 3M penting sekali diterapkan sebagai langkah yang paling utama untuk memutus mata rantai penyebaran virus SARS-CoV-2.

"Kami menemukan masih ada masyarakat yang lupa mengenakan masker, ada juga yang datang ke CFD bawa anak kecil. Ini yang terus kita ingatkan agar menjadi kedisiplinan," ujarnya.

Salah satu warga, Fahmi dari Pondok Pinang mengaku berterima kasih karena pemerintah memfasilitasi masyarakat untuk bisa berolahraga di tengah pandemi setiap pekannya.

Menurut dia, pemerintah juga menganjurkan olahraga yang boleh dilakukan di gelaran CFD adalah lari dan bersepeda.


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020