sebagai pelopor yang memberikan penyuluhan dan bantuan pertama kali khususnya di wilayah KBN Marunda
Jakarta (ANTARA) - PT Karya Citra Nusantara (KCN) menjalankan protokol New Normal atau adaptasi kebiasaan baru secara disiplin dan sesuai standar internasional dalam rangka mencegah penyebaran pandemi COVID-19 di Pelabuhan Marunda, Jakarta.

"Seperti diketahui bersama bahwa Pelabuhan PT KCN di Marunda, Jakarta Utara yang menjadi tulang punggung arus barang logistik, oleh karena itu KCN bekerja sama dengan semua pihak dalam hal ini bekerja sama dengan para pengguna jasa serta tenant untuk mewajibkan penerapan standar protokol New Normal terhadap karyawan, supir, petugas keamanan, dan sebagainya," ujar Juru bicara KCN Maya S. Tunggagini kepada Antara di Jakarta, Minggu.

Menurut Maya, sebagaimana standar internasional maka protokol New Normal harus dijalankan secara disiplin oleh semua pihak di pelabuhan Marunda dengan menggunakan masker, menjaga jarak, maupun ketika batuk menutup mulut dengan lengan.

"Selain itu sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab kami kepada regulator dalam hal ini Kementerian Perhubungan yang mewajibkan pelabuhan umum tetap beroperasi normal selama 24 jam dalam menjaga arus barang serta logistik demi stabilitas perekonomian nasional," katanya

Dalam menjalankan protokol New Normal, para personel keamanan KCN selalu melakukan pengecekan suhu di gerbang masuk dan ketika kapal bersandar di Pelabuhan Marunda PT KCN, merupakan hal paling standar yang wajib dilaksanakan oleh petugas keamanan terhadap seluruh pihak yang masuk selama 24 jam.

Pandemi COVID-19 ini memasuki Indonesia pada awal Maret 2020, dan tentunya hal ini mengejutkan semua pihak. Manajemen PT KCN berusaha untuk tidak berlama-lama larut dalam keadaan tersebut.

"Kami PT KCN mungkin bisa dikatakan sebagai pelopor yang memberikan penyuluhan dan bantuan pertama kali khususnya di wilayah KBN Marunda, antara lain PT KCN melakukan kampanye pencegahan penularan virus COVID-19 pada tanggal 27 Februari 2020 di Pelabuhan Marunda yang mana pada saat itu kami membantu Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas (KSOP) Pelabuhan Marunda bersama karyawan dan masyarakat Marunda," kata Maya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa PT KCN juga memberikan bantuan berupa tindakan medis dengan melakukan penyuntikan vitamin C kepada para karyawan, lalu membagi-bagikan masker dan hand sanitizer. Terkait penyuntikan vitamin C ini, PT KCN bekerja sama dengan dokter di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP).

PT KCN juga memberikan santunan medis di Rumah Sakit Umum Koja serta memberikan buah-buahan kepada karyawan dan masyarakat di sekitar Pelabuhan Marunda dalam rangka meningkatkan daya imunitas tubuh.

Berkaitan dengan operasional dan kinerja, pelayanan di Pelabuhan Marunda tetap berjalan normal dan tidak terpengaruh dengan adanya pelaksanaan protokol New Normal yang dijalankan oleh PT KCN, mengingat pelabuhan ini harus tetap beroperasi selama 24 jam.

"Sampai saat ini semuanya berjalan dengan baik. Terkait pelayanan sebisa mungkin kami akan jalankan sebaik-baiknya untuk melayani semua pengguna jasa," ujar Maya.

Baca juga: Cegah penyebaran COVID-19, KCN lakukan penyemprotan disinfektan
Baca juga: KCN dukung penuh Program Tol Laut
Baca juga: Dari 2016 hingga Desember 2019, Pelabuhan KCN Marunda sumbang devisa Rp15 Miliar

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020