Masyarakat Indonesia berikan bansos kepada Argentina pada masa pandemi

Masyarakat Indonesia berikan bansos kepada Argentina pada masa pandemi

Bantuan sosial dari masyarakat Indonesia di Argentina yang dikumpulkan KBRI Buenos Aires untuk diberikan kepada warga kota Lomas de Zamora di Provinsi Buenos Aires sebagai bentuk solidaritas pada masa pandemi COVID-19. (Handout-KBRI Buneos Aires)

Jakarta (ANTARA) - Masyarakat Indonesia di Argentina melalui KBRI Buenos Aires memberikan bantuan sosial (bansos) kepada warga kota Lomas de Zamora di Provinsi Buenos Aires sebagai bentuk solidaritas pada masa pandemi.

Baju hangat, selimut, popok, dan pakaian bayi adalah barang-barang yang disumbangkan, demikian disampaikan dalam keterangan tertulis KBRI Buenos Aires yang diterima di Jakarta, Kamis.

Sumbangan kepada masyarakat Lomas de Zamora itu diinisiasi oleh kedutaan besar negara-negara ASEAN di Buenos Aires (ASEAN Committee in Buenos Aires/ACBA) untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Duta Besar RI untuk Argentina Niniek Kun Naryatie menegaskan bahwa persahabatan Indonesia dan Argentina tidak mengenal batas geografis.

Baca juga: KBRI adakan festival kuliner buka pasar makanan Indonesia di Argentina
Baca juga: Kelompok Gamelan KBRI jadi perhatian warga Argentina


Dia mengatakan COVID-19 berdampak buruk terhadap semua negara, dan satu-satunya cara untuk keluar dari krisis adalah dengan cara bersinergi.

"Solidaritas itulah yang ditunjukkan masyarakat Indonesia di Argentina, melalui KBRI Buenos Aires, dengan menyumbangkan barang-barang yang bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan di Lomas de Zamora," kata Dubes Niniek.

Pada masa pandemi, banyak warga Argentina yang pendapatannya turun karena perusahaan tempat mereka bekerja belum beroperasi penuh.

Dari hasil survei, sebanyak 143.000 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tidak dapat membayar gaji pegawainya walaupun mendapat subsidi pemerintah dan 35.000 usaha lainnya terancam gulung tikar.

PBB juga memprediksi 850.000 lapangan pekerjaan di Argentina akan hilang karena pandemi COVID-19.

Lomas de Zamora merupakan kota penyangga ibu kota Buenos Aires yang berpenduduk 600 ribu jiwa.

Sejak pandemi, sektor perdagangan yang menjadi andalan kota itu menjadi lesu. Perdagangan ritel turun 60 persen, dan lebih dari 100 pengusaha menutup tokonya.

Pemerintah Kota Lomas de Zamora memiliki hubungan yang erat dengan ACBA. Tahun lalu di kota itu, ACBA mengadakan seminar dan promosi mengenai potensi bisnis dan pariwisata negara-negara ASEAN. Seminar tersebut melahirkan  antusiasme tinggi dari para pengusaha Lomas de Zamora.

Dalam ucapan terima kasihnya, Wali kota Lomas de Zamora, Martín Insaurralde, menyampaikan bahwa aksi bansos menunjukkan keinginan kuat Indonesia dan Argentina untuk membangun masa depan berlandaskan solidaritas dan persatuan.

"Bantuan yang diberikan tentunya akan berdampak pada kualitas pelayanan kesehatan dan sosial yang diberikan kepada masyarakat Lomas de Zamora," ujarnya.

Baca juga: Penguncian diperpanjang, KBRI Buenos Aires gelar halalbihalal virtual
Baca juga: Jelang Hari Raya, tempe dan kecap manis obati rindu WNI di Argentina
Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020