Samarinda (ANTARA) - Kasus COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur masih menunjukan grafik kenaikan dengan adanya tambahan sebanyak 70 pasien terkonfirmasi positif berdasarkan update Dinas Kesehatan wilayah setempat, Kamis.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak di Samarinda mengatakan tambahan kasus positif hari ini kembali memecahkan rekor kasus harian.

Baca juga: Hong Kong laporkan rekor kasus harian COVID-19

Penambahan kasus positif tertinggi sebelumnya terjadi pada Selasa (28/7), yakni sebanyak 66 kasus.

Secara akumulatif, Andi Muhammad Ishak mengatakan bahwa kasus positif COVID-19 di Provinsi Kaltim sudah mencapai 1.377 kasus.

Baca juga: 90 persen kasus meninggal COVID-19 di Surabaya disertai komorbid

"Sebaran 70 kasus baru itu ada di Kota Balikpapan 30 kasus, Kutai Kartanegara 10 kasus, Kutai Barat 4 kasus, Paser 6 kasus, Berau 3 kasus, Kutai Timur 5 kasus, dan Samarinda 11 kasus," kata Andi Muhammad Ishak menyampaikan rilis harian secara virtual.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim itu menambahkan bahwa kasus yang masih dalam proses menunggu hasil pemeriksaan swab di laboratorium ada 2.783 kasus.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Sultra sebanyak 464 dari 782 kasus

Menurut Andi Muhammad Ishak penambahan kasus positif haru ini masih didominasi dari pasien yang terkonfirmasi positif tanpa gejala, akibat kontak erat dengan pasien COVID-19.

Andi juga menyampaikan adanya penambahan kasus meninggal sebanyak dua orang dari Balikpapan yakni BPN399 dan BPN407.

Dengan tambahan dua kasus, akumulatif kasus meninggal menjadi 30 orang," imbuh Andi.

Andi juga menyampaikan penambahan 30 kasus pasien sembuh dengan rincian di Berau 4 kasus, Kutai Barat 2 kasus, Kutai Kartanegara 7 kasus, Balikpapan 5 kasus, Paser 2 kasus, dan juga 10 kasus di Samarinda.

“Dari total 1.377 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini, yang sembuh ada 888 kasus. Dan yang masih dirawat ada 459 kasus,” pungkas Andi Muhammad Ishak.

Pewarta: Arumanto
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020