Tangerang (ANTARA News) - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh menyatakan, Indonesia memiliki sekian persoalan pendidikan yang belum terpecahkan, dibutuhkan karakter dan kepribadian penerus bangsa yang baik untuk memecahkan persoalan.

"Kita punya stok persoalan pendidikan yang sangat banyak,"ungkap Mendiknas ketika berpidato saat peresmian kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN) di Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu.

Menurut Mendiknas, persoalan pendidikan yang banyak jangan diperkeruh dengan persoalan baru yang kemudian menambah persoalan.

M Nuh menyatakan, sebaiknya sebuah persoalan dicari jalan keluar yang terbaik untuk memecahkan persoalan dan memberikan sumbangan serta kontribusi bagi pendidikan di masa depan.

"Le kon ngga iso rewangi ojo rewangi (bila kamu tidak bisa membantu jangan membantu), tetapi bagaimana kita membantu yang bisa memecahkan persoalan dan tidak menambah persoalan,"ujar Mendiknas dengan logat Jawa Timur.

M Nuh menuturkan, Indonesia telah bebas buta aksara dan kini bagaimana menciptakan masyarakat lebih termotivasi untuk terus dan terus belajar agar bangsa ini menjadi sebuah negara yang diperhitungkan.

Mendiknas menegaskan, keinginan kita untuk memperkecil persoalan pendidikan harus dibarengi dengan karakter dan kepribadian yang bagus, orang bijak mampu memberikan solusi terbaik tanpa menghina orang lain.

"Percuma saja jika kita ingin memajukan bangsa ini tetapi tidak memiliki karakter dan kepribadian yang baik,"jelas M Nuh.

Kata M Nuh, bangsa ini perlu melahirkan penerus bangsa yang memiliki karakter dan kepribadian yang murni untuk kemajuan bangsa, bukan mencari basis bilangan tinggi mengincar jabatan tinggi. (*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009