Karena bagus atau tidaknya harga tembakau itu juga ditentukan oleh semua pihak yang hadir di tempat ini, baik petani, pedagang, maupun perwakilan pabrik
Temanggung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar doa bersama untuk mengawali panen raya tembakau pada 2020 yang diikuti perwakilan dari pedagang, pabrik rokok, dan petani.

Doa bersama yang berlangsung di Pendapa Jenar Kantor Bupati Temanggung, Senin malam, berlangsung cukup sederhana yang dihadiri kalangan terbatas sekitar 50 orang.

"Doa bersama untuk mengawali panen tembakau kali ini berlangsung cukup sederhana karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19, berbeda doa bersama tahun lalu yang diikuti ribuan orang di Alun-Alun Temanggung," kata Bupati Temanggung M. Al Khadziq.

Ia menyampaikan urusan pertembakauan dari sejak menanam, berbudidaya sampai urusan perdagangan, urusan panen tembakau ini adalah hajat masyarakat Kabupaten Temanggung, oleh karena itu karena ini adalah hajat masyarakat Temanggung maka ini juga menjadi hajat Pemkab Temanggung.

"Apa yang menjadi hajat rakyat itu juga menjadi hajat bagi pemerintah. Oleh karena itu karena rakyat semuanya sedang prihatin di tengah pandemi, maka berharap betul agar panen tembakau tahun ini betul-betul menjadi rezeki yang banyak. Di tengah situasi yang sedang sulit ini maka Pemkab Temanggung menyelengagrakan doa bersama menghadirkan para tokoh pertembakauan, juragan-juragan tembakau, perwakilan pabrik, dan perwakilan petani," katanya.

Ia menuturkan semua yang diundang di tempat ini untuk berdoa bersama agar panen tembakau tahun 2020 benar2 menjadi rezeki yang banyak untuk seluruh masyarakayt Kabupaten Temanggung.

"Karena bagus atau tidaknya harga tembakau itu juga ditentukan oleh semua pihak yang hadir di tempat ini, baik petani, pedagang, maupun perwakilan pabrik," katanya.

Selain itu, katanya doa bersama ini juga untuk mempererat sinergitas antarmasyarakat pertembakauan karena di tengah situasi COVID-19 yang serba sulit ini kalau tidak ada sinergitas, kalau masing-masing berjalan sendiri sendiri maka nanti akan kotra produktif bagi kepentingan masyarakat secara luas.

Ia menyampaikan pada masa tanam tembakau tahun ini musimnya lagi bagus, tanaman tembakau kualitasnya juga sangat bagus dan apalagi tahun ini luasannya agak menurun dibanding tahun lalu maka pihaknya telah menyampaikan ke pihak pabrik rokok agar tembakau Temanggung ini diberikan harga yang pantas sesuai dengan kualitasnya yang tinggi.

"Tetapi saya juga mohon pada masyarakat untuk terus menjaga kualitas tembakau Temanggung dan kemurnian tembakau Temanggung yang memang kualitasnya paling tinggi tersebut. Jangan dicampur dengan tembakau dari daerah lain karena nanti akan merusak kualitas tembakau asli temanggung," katanya.

Baca juga: Industri rokok diminta tetap beli tembakau petani Temanggung

Baca juga: Harapan Gubernur Ganjar saat panen tembakau

Baca juga: Pemkab Temanggung: pabrik rokok agar beli semua tembakau petani

Baca juga: Tanaman tembakau di Temanggung diprediksi 13.000 hektare

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020