Yang melakukan penyelaman terlebih dahulu adalah suami korban bernama Cevin Scott Pool (57) sekitar pukul 09.30 WIT, lalu beberapa saat kemudian Leila juga melakukan penyelaman
Ambon (ANTARA) - Pencarian terhadap Carol Marie Lakien (Leila), warga Amerika Serikat yang hilang di perairan Pantai Amahusu, Kota Ambon, saat menyelam pada Jumat (7/8), sekitar pukul 10.00 WIT, masih dilanjutkan oleh puluhan penyelam tim SAR gabungan.

Pantauan ANTARA di Ambon, Sabtu, puluhan penyelam itu mulai melakukan pencarian di sekitar perairan Teluk Ambon, sejak pukul 10.00 WIT guna mencari WNA asal Amerika Serikat berusia 56 tahun tersebut.

Para penyelam dari tim SAR gabungan yang terlibat dalam pencarian itu, di antaranya berasal dari Kantor Basarnas Ambon, Marinir, TNI-AL, TNI-AD, Polairud Polda Maluku, dan Persatuan Pemandu Wisata Selam Maluku.

Namun, upaya pencarian selama lebih dari dua jam belum membuahkan hasil.  Puluhan penyelam kembali ke darat untuk beristirahat dan melakukan berbagai persiapan lanjutan pencarian pada pukul 14.00 WIT.

Baca juga: Basarnas Ambon: nelayan hilang di Teluk Elpaputih belum ditemukan

Kepala Kantor SAR Ambon Djunadi menjelaskan korban diketahui hilang saat menyelam di perairan Desa Amahusu. Ppihaknya mendapatkan laporan resmi atas kejadian itu pada Jumat (7/8), sekitar pukul 13.20 WIT.

Lokasi penyelamannya sekitar 150 meter dari garis pantai setempat, tepatnya di depan Hotel Tirta Kencana Amahusu, di mana perahu mereka bernama Aqua Bago lego jangkar.

"Yang melakukan penyelaman terlebih dahulu adalah suami korban bernama Cevin Scott Pool (57) sekitar pukul 09.30 WIT, lalu beberapa saat kemudian Leila juga melakukan penyelaman," kata dia.

Namun, katanya, saat Cevin kembali ke permukaan air dan naik parahu layar mereka sambil menunggu isterinya, ternyata korban tidak muncul sehingga dia sempat meminta bantuan warga setempat dan dilanjutkan dengan melaporkan Kantor Basarnas Ambon.

Baca juga: Satu korban tenggelam di Pantai Goa Cemara Bantul ditemukan meninggal
Baca juga: Tim SAR temukan 2 penumpang kapal tenggelam di Sungai Lilin Sumsel

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020