Caranya dengan menganggarkan revitalisasi Bendung Alale dan rencana pembangunan Waduk Bone Ulu di hulu Sungai Bone
Gorontalo (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan akan memrioritaskan penanganan banjir yang terjadi di Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo di Provinsi Gorontalo.

"Caranya dengan menganggarkan revitalisasi Bendung Alale dan rencana pembangunan Waduk Bone Ulu di hulu Sungai Bone," katanya didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat meninjau kerusakan Bendung Alale, Suwawa Tengah, Bone Bolango, Minggu.

Ia juga meninjau kerusakan tanggul di Kelurahan Bugis, Kota Gorontalo.

“Kita akan rencanakan dengan baik, secara bertahap gitu ya. Setidak-tidaknya sampai tahun 2024 penanganan banjir di Gorontalo bisa diselesaikan,” katanya.

Menurutnya, penanganan banjir tidak bisa dilakukan secara parsial. Masalah di hulu hingga hilir Sungai Bone harus diselesaikan secara bersama-sama, terutama menyangkut rencana pembangunan Waduk Bone Ulu.

Suharso memastikan rencana pembangunan Bone Ulu masuk pada prioritas nasional tahun 2021.

Beberapa masalah seperti adanya Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTMH) di calon lokasi waduk, diminta untuk diubah ke lokasi lain.

“Itu ternyata ada masalah juga di daerah mereka membangun PLTMH. Tadi saya sudah bicara dengan bupati, kalau bisa diubah lagi karena di situ titik terbaik untuk pembangunan waduk. Ini sudah masuk di 'major project' kami kok,” kata Suharso Monoarfa.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengapresiasi perhatian dan kepedulian Menteri PPN.

“Perhatian beliau sangat besar untuk Gorontalo. Beliau itu kalau sudah merencanakan untuk Gorontalo jarang yang meleset, pasti diselesaikan. Jadi kita manfaatkan yang ada di pusat untuk kebutuhan daerah,” katanya.

Selain meninjau Bendung Alale dan tanggul di Kelurahan Bugis, Menteri PPN juga mencanangkan Pariwisata Sadar Protokol Kesehatan di obyek wisata Taman Laut Olele.

Suharso juga menikmati keindahan bawah Laut Olele, dengan menaiki perahu yang tersedia di desa tersebut.

Baca juga: Gubernur minta BWS lakukan perbaikan tanggul Sungai Bone

Baca juga: Total 8.233 warga jadi korban banjir dan longsor di Bone Bolango


Baca juga: Wamen PUPR tinjau jembatan Molintogupo Bone Bolango yang disapu banjir

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020