Besaran remisi yang diterima bervariasi. Paling rendah 1 bulan, paling lama 6 bulan
Sidoarjo (ANTARA) - Sebanyak 11.268 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Jawa Timur berhak mendapatkan remisi umum peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia, karena mereka telah berbuat baik selama menjalani pembinaan di lapas atau rutan.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono memberikan Surat Keputusan Menkumham Nomor PAS-922.PK.01.01.02 Tahun 2020 kepada perwakilan WBP dari lapas atau rutan Korwil Surabaya.

"Besaran remisi yang diterima bervariasi. Paling rendah 1 bulan, paling lama 6 bulan," ujarnya di sela pemberian remisi umum itu dilakukan secara simbolis di Aula Lapas I Surabaya di Porong di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin.

Baca juga: Menkumham sebut pemberian remisi bentuk negara hormati hak napi

Baca juga: 4.404 narapidana di Aceh terima remisi di Hari Kemerdekaan


Ia mengemukakan, WBP yang telah menjalani pidana selama 6-12 bulan, memperoleh remisi sebulan dan WBP yang telah menjalani tahun pertama, memperoleh remisi 2 bulan, seterusnya hingga maksimal 6 bulan.

Ia mengatakan, bahwa pemberian remisi ini bukan bentuk obral hukuman tetapi, menjadi hak sekaligus reward bagi WBP.

"Karena untuk mendapat remisi, syarat utamanya adalah WBP harus berkelakuan baik dalam kurun waktu remisi berjalan," ucapnya.

Selain itu, kata dia, untuk tindak pidana umum harus telah menjalani pidana minimal 6 bulan dihitung sejak tanggal penahanan sampai 17 Agustus 2020.

Bagi anak pidana harus menjalani pidana lebih dari tiga bulan. Sedangkan untuk tindak pidana terkait PP 99 tahun 2012 pasal 34A harus melampirkan syarat-syarat sesuai ketentuan.

"Jika tidak, maka harus terlebih dahulu menjalani 1/3 masa pidana dan wajib tetap berpedoman dengan syarat-syarat sesuai ketentuan," ucapnya.

Sementara itu, Lapas Surabaya menjadi penyumbang WBP yang paling banyak mendapatkan remisi di Jatim. Sebanyak 1.497 WBP mendapatkan remisi, 36 di antaranya bisa langsung bebas.

"Mayoritas WBP kami adalah dengan masa pidana yang panjang dan mereka relatif berkelakuan baik, sehingga banyak yang mendapat remisi," tutur Kalapas Surabaya Gun Gun Gunawan.

Baca juga: 5.829 narapidada Kaltim- Kaltara dapat remisi

Baca juga: HUT Ke-74 RI, 1.732 narapidana Lapas Cipinang dapat usulan remisi

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020