Ini menjadi landasan yuridis mengenai syarat untuk menjadi hakim konstitusi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyebut pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Mahkamah Konstitusi menjadi UU akan menjadi dasar yuridis dalam menetapkan syarat untuk menjadi hakim konstitusi.

"Ini menjadi landasan yuridis mengenai syarat untuk menjadi hakim konstitusi," ucap Yasonna dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Hal itu disampaikan oleh Yasonna saat membacakan pendapat akhir Presiden atas RUU tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi di Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/9).

Dia mengatakan, adanya UU MK akan menjadi landasan yuridis mengenai syarat dan mekanisme pengangkatan dan pemberhentian hakim konstitusi yang lebih baik secara proporsional, namun tetap konstitusional.

Baca juga: RUU MK disahkan DPR menjadi Undang-Undang

Baca juga: Ketua Komisi III DPR harap rekrutmen Hakim MK transparan dan akuntabel


Adapun sebelumnya, pemerintah telah menyampaikan lima usulan terkait pembahasan RUU MK.

Usulan tersebut adalah tentang batas usia minimum dan usia maksimum hakim konstitusi, persyaratan hakim konstitusi yang berasal dari lingkungan peradilan Mahkamah Agung, dan batas waktu pemberhentian hakim konstitusi karena berakhir masa jabatannya.

Selain itu, pemerintah juga memberikan usulan tentang anggota Majelis Kehormatan MK yang berasal dari akademisi dengan latar belakang di bidang hukum serta legitimasi hakim konstitusi yang sedang menjabat terkait dengan perubahan UU tersebut.

Diketahui, dalam rapat paripurna hari ini Wakil Ketua DPR Sufmi Ahmad Dasco mengetuk palu sidang paripurna tanda pengesahan RUU MK menjadi UU setelah seluruh anggota sidang paripurna memberikan persetujuannya.

Yasonna yang dalam kesempatan itu mewakili pemerintah menyampaikan terima kasih atas persetujuan DPR untuk mengesahkan RUU MK menjadi Undang-Undang.

"Kami mewakili Presiden menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan dan anggota Komisi III DPR RI yang terhormat, tenaga ahli Komisi III DPR RI, serta Sekretariat Komisi III DPR RI yang dengan penuh dedikasi dan kerja keras dapat menyelesaikan pembahasan RUU ini," ucap dia.

Baca juga: Menkumham harap RUU MK dapat disahkan menjadi UU

Baca juga: Menkumham serahkan DIM RUU MK dalam Raker Komisi III DPR RI

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020