Tanjungpinang (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional mendadak menarik dukungan dari Apri Sujadi-Roby Kurniawan pada Pilkada Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 2020.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kepri Suyono, di Tanjungpinang, Jumat, menegaskan partai yang berkoalisi mengusung Apri-Roby tidak mempersoalkan sikap PAN.

"Memang sedikit terkejut, karena perubahan sikap itu terjadi di detik-detik terakhir sehingga muncul pertanyaan sikap politik PAN. Tetapi ya sudahlah, masyarakat dapat menilai, dan kami harus fokus hal lain untuk memenangkan Apri-Roby," ujarnya.

Berdasarkan data, Ketua dan Sekjen DPP PAN pada 24 Agustus 2020 menandatangani surat pakta integritas terkait dukungan terhadap Apri-Roby sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan.

Baca juga: DPP Hanura dukung pasangan Apri-Roby di Pilkada Bintan, Kepri
Baca juga: Bupati Bintan kecewa terhadap eksekusi penetapan hutan lindung
Baca juga: Rugi dua tahun, Bintan Lagoon Resort akan tutup


Kemudian pada Kamis, 3 September 2020, DPP PAN menerbitkan surat pembatalan dukungan terhadap Apri-Roby. Kemudian PAN menetapkan mengusung Alias Wello-Dalmasri Syam.

Sementara itu, Ketua PAN Bintan Hesti Gustrian dan pimpinan partai koalisi lainnya yang mengusung Apri-Roby pada Kamis sore menandatangani dokumen Form Modek B-KWK Parpol atau Surat Pencalonan dan Kesepakatan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati dengan Gabungan Partai Politik.

Sejumlah fungsionaris DPP PAN seperti Asman Abnur dan Yandri Susanto tidak menjawab pertanyaan Antara yang disampaikan melalui pesan di WhatApps. Asman Abnur yang juga anggota DPR dapil Kepri juga tidak mengangkat ponselnya saat dihubungi.

Apri-Robby sudah mengantongi dukungan dari partai-partai, dengan total jumlah kursi sebanyak 20. Partai yang memberikan rekomendasi yakni Hanura satu kursi, Partai Demokrat delapan kursi, PDIP dua kursi, PKS tiga kursi, dan Golkar enam kursi.

Sementara Alias Wello-Dalmasri potensial diusung Partai Nasdem yang memperoleh empat kursi di DPRD Bintan, selain PAN yang memperoleh satu kursi di DPRD Bintan.

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020