Jakarta (ANTARA) -
Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) menyebutkan pernyataan Ketua DPP PDIP bidang Politik Puan Maharani menunjukkan pengakuan bahwa orang Sumatera Barat sangat berperan dalam pendirian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
"Pernyataan mbak Puan itu sama sekali tak bermaksud mengatakan warga Sumbar tak mendukung Pancasila selama ini," kata Sekretaris Umum Bamusi Nasyirul Falah Amru dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.
 
Pria yang biasa disapa Gus Falah ini mengingatkan kemerdekaan Indonesia diproklamirkan oleh Bung Karno dan Bung Hatta, yang merupakan orang Minang.

Baca juga: Bamusi sebut ada kesalahpahaman konsep ketuhanan yang berkebudayaan
 
Perjuangan kemerdekaan sekaligus pendirian Republik Indonesia juga melibatkan berbagai tokoh dari Minangkabau, seperti Sutan Sjahrir, KH Agus Salim, Prof Muhammad Yamin, Hajjah Rangkayo Rasuna Said, serta Moh Natsir. Dan sebagai cucu Proklamator, Puan Maharani sangat memahami sejarah tersebut.
 
"Jadi pernyataan mbak Puan itu dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat Pancasila di seluruh Nusantara, tidak hanya di Sumbar," kata Gus Falah.
 
Bamusi memohon semua pihak untuk memahami secara benar pernyataan Ketua DPR-RI tersebut.
 
Intinya, lanjut Gus Falah, melalui pernyataan nya, Puan Maharani ingin menunjukkan bahwa kontribusi orang Minangkabau dalam pembentukan NKRI sangat besar.
 
Dengan begitu, tambahnya, masyarakat Sumbar sudah terbukti melaksanakan ajaran Pancasila yang merupakan dasar dari NKRI.

Baca juga: Bamusi sebut ada berkah dibalik polemik RUU HIP
 
"Jadi pernyataan mbak Puan adalah sebuah gambaran, betapa Sumbar memiliki kontribusi yang luar biasa besar bagi Republik yang berdasarkan Pancasila ini," ujar politikus PDIP ini.
 
Seperti diketahui, pada Rabu (2/9) Puan Maharani melontarkan pernyataan di acara pengumuman cagub-cawagub Sumatera Barat.
 
Di sela acara pengumuman, terselip harapan Puan agar Sumatera Barat menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila.
 
"Rekomendasi diberikan kepada Insinyur Mulyadi dan Drs H Ali Mukhni. Merdeka!" kata Puan.
 
"Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung Negara Pancasila," tambahnya.
 
Pernyataan Puan itu disalahpahami oleh sebagian kalangan. sehingga polemik pun muncul akibat kesalahpahaman tersebut.

Baca juga: Bamusi tegaskan PDI Perjuangan bukan komunis

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020