Jakarta (ANTARA) - Sistem kekebalan tubuh yang melemah bisa memunculkan sejumlah gejala, dan tugas Anda setelah mengalami salah satu gejalanya segeralah kembali menguatkannya. Bagaimana caranya?

Sebelum itu, Anda perlu tahu tanda atau gejala yang biasanya menunjukkan sistem pertahanan tubuh melawan penyakit termasuk yang disebabkan virus SARS-CoV2 penyebab COVID-19, melemah.

Berikut enam tandanya dan tips meningkatkan kembali sistem imun seperti dilansir Livestrong:

1. Luka atau sakit lebih lama pulih

Dokter spesialis penyakit menular di Tufts Medical Center Brian Chow mengatakan, ketika Anda terluka misalnya karena goresan atau luka lain, sistem kekebalan tubuh bekerja.

Begitu keropeng terbentuk, sel darah putih membantu melawan infeksi sementara sel darah merah membantu membangun jaringan baru.

Tetapi jika sistem kekebalan Anda melemah, semua ini bisa memakan waktu lebih lama, memperpanjang penyembuhan.

Jadi, jika ini terjadi segeralah perkuat sistem kekebalan Anda. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan mendasar yang menyebabkan sirkulasi darah buruk, seperti diabetes, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengelola kondisi Anda, saran Chow.

Baca juga: Tidak benar, hindari gula bisa cegah corona

Baca juga: Kebanyakan makan garam bisa lemahkan sistem imun


2. Stres

Stres memicu peningkatan peradangan dalam tubuh. Jika stres dan peradangan menjadi kronis, maka bisa merusak sistem kekebalan dengan menekan sel-sel yang melindungi tubuh kita dari penyerang, menurut Klinik Cleveland.

"Stres jangka panjang mengalihkan perhatian tubuh lebih ke arah naluri bertahan hidup dan lebih sedikit ke masalah pemeliharaan. Itulah asalan orang yang sedang stres lebih rentan terhadap infeksi ," ujar Chow.

Perkuat sistem kekebalan Anda misalnya melalui yoga, berjalan-jalan di alam terbuka atau sekedar menelepon teman. Sebisa mungkin, temukan cara sehat untuk mengelola dan menghilangkan stres.

3. Sering alami infeksi telinga atau sinus

Jika Anda mengalami lebih dari empat infeksi telinga atau tiga infeksi sinus dalam setahun, Anda mungkin mengalami gangguan imunodefisiensi, menurut American Academy of Allergy Asthma and Immunology.

Hal yang sama berlaku jika Anda terkena pneumonia dua kali atau membutuhkan lebih dari dua rangkaian antibiotik dalam setahun.

Bila ini terjadi, Chow merekomendasikan untuk menemui dokter spesialis alergi dan imunologi untuk bisa mendiskusikan kemungkinan perawatan.

"Apa pun yang membuat kita kurang sehat - pola makan yang buruk, merokok, minum berlebihan - semua itu menekan sistem kekebalan," kata dia.

4. Sering pilek

Meskipun pilek mungkin sering dinilai sepele, tetap saja bisa membuat Anda tidak nyaman. Ketika Anda merasa selalu mengalami penyakit ini, bisa jadi pertanda sistem kekebalan Anda tidak bekerja maksimal.

“Jika Anda terus-menerus sakit dan tidak terjadi hal seperti ini, Anda mungkin memiliki sistem kekebalan yang lemah,” kata dokter spesialis kedokteran keluarga di Mecy Medical Center, Kathryn Boling.

Untuk membantu memperkuat sistem kekebalan Anda, Anda bisa mengonsumsi vitamin D. Tetapi bicarakan dengan dokter tentang jumlah asupan terbaik untuk Anda karena jika terlalu banyak dapat berbahaya.

5. Sangat lelah

Kelelahan memiliki banyak penyebab, salah satunya sistem kekebalan Anda lemah. Chow merekomendasikan agar dokter Anda melakukan tes terlebih dahulu untuk memastikan Anda tidak mengalami anemia, sleep apnea, kelainan endokrin, atau kondisi lain yang mendasarinya.

Lebih buruk lagi, ini bisa menjadi siklus, menurut makalah yang terbit pada Juli 2019 di Physiological Reviews.

Ketika sistem kekebalan Anda berjuang untuk membuat Anda sehat, ini bisa membuat Anda lelah, karena membutuhkan energi.

Tapi Anda juga mungkin tidak bisa tidur nyenyak. Kurang tidur dapat semakin melemahkan sistem kekebalan Anda.

Dalam kasus ini, jadikan tidur sebagai prioritas. Patuhi jadwal tidur-bangun yang teratur dan buat kamar Anda gelap, sejuk, dan hanya untuk tidur.

6. Diare atau sembelit

Diare kronis atau sembelit bisa jadi pertanda sindrom iritasi usus besar (IBS) akibat sistem kekebalan yang lemah atau bisa jadi pertanda stres.

"Stres dapat membuat Anda lebih rentan terhadap lebih banyak infeksi, biasanya virus yang lebih umum," kata Chow.

Konsumsi makanan yang tinggi gula, biji-bijian olahan, dan lemak trans serta lemak jenuh dapat menyebabkan disfungsi kekebalan dan mengganggu mikrobioma usus.

Sebaliknya, diet Mediterania tampaknya sangat bermanfaat dalam kasus ini, menurut sebuah studi pada Desember 2016 dalam jurnal Endocrine, Metabolic & Immune Disorders Drug Targets. Probiotics Probiotik. Selain itu, makan lebih banyak serat juga dapat membantu.

Tetapi sekali lagi, konsultasikan dengan dokter atau ahli gastroenterologi karena terkadang kondisi ini memburuk.

Baca juga: Tanda sistem imun tubuh Anda lemah dan cara mengatasinya

Baca juga: Dua vitamin yang dibutuhkan untuk jaga sistem imun

Baca juga: Benarkah anak terlahir caesar sistem imunnya terganggu?

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020