Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat sebanyak 35 unit rumah milik warga di Desa Air Bulu, Kecamatan Mendo Barat mengalami rusak akibat angin puting belitung.

Kepala BPBD Kabupaten Bangka, Nursi di Sungailiat, Minggu mengatakan, 35 rumah warga di Desa Air Bulu mengalami kerusakan akibat angin puting beliung yang terjadi Sabtu (31/10).

"Bencana alam angin puting beliung yang merusak di sebagian besar pada atap rumah warga termasuk gedung sekolah dasar dan kantor desa tersebut terjadi sekitar pukul 14.15 WIB," jelasnya.

Baca juga: 61 rumah di Kabandungan Sukabumi rusak diterjang puting beliung

Dia mengatakan, 35 rumah warga yang rusak tersebar di empat dusun di desa itu masing-masing, di Dusun I terdapat 12 unit rumah, Dusun II ada 19 rumah, Dusun III terdapat satu rumah dan di Dusun IV ada tiga rumah.
 
Kerusakan rumah warga akibat angin puting beliung di Desa Air Bulu Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka (ANTARA/kasmono)


"Dibantu oleh tim TRC dan tenaga relawan serta aparat pemerintah desa, kami langsung melakukan bantuan pembersihan seperti, menebang pohon yang menimpa rumah serta penyaluran bantuan logistik," jelasnya.

Baca juga: Ponpes Da'arul Qoriin di Lebak diterjang angin puting beliung

Jumlah kerugian akibat musibah bencana alam angin puting beliung itu kata dia, pihaknya masih melakukan pendataan di lapangan untuk mendapatkan data akurat.

"Saya mengimbau seluruh masyarakat terutama di daerah yang rawan bencana untuk tetap memperhatikan lingkungan karena perubahan cuaca seperti angin kencang dapat terjadi kapan saja," jelasnya.

Musibah bencana alam angin puting belitung di Desa Air Bulu kata dia, diketahui tidak mengakibatkan korban jiwa.

Baca juga: 109 rumah warga Bekasi rusak diterjang puting beliung
Baca juga: Puluhan rumah di Pandeglang rusak akibat angin puting beliung

Pewarta: Kasmono
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020