ini menambah semangat saya
Jakarta (ANTARA) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta Rustam Effendi menerima penghargaan "Jakarta Youth Award Tahun 2020" karena dinilai secara konsisten berkontribusi terhadap masyarakat di bidang pelayanan kemanusiaan.

"Anugerah ini menambah semangat saya untuk berbuat lebih baik lagi kepada masyarakat Jakarta," kata Rustam usai menerima Piagam Jakarta Youth Award dari inisiator Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemuda Jakarta, Ahmad Sulhy di Gedung PMI DKI Jakarta, Senin.

Mantan Wali Kota Jakarta Barat itu mengucapkan terima kasih untuk penghargaan dari Koalisi Masyarakat Sipil serta Pemuda Jakarta yang telah melaksanakan kontestasi bagi tokoh yang telah berkontribusi bagi masyarakat Jakarta.

Ketua Panitia Seleksi Jakarta Youth Award Ahmad Sulhy mengatakan penganugerahan penghargaan itu berdasarkan kriteria di antaranya memiliki komitmen yang jelas dalam profesi masing-masing dan secara ikhlas memberikan sumbangsih terbaik terhadap wilayah DKI Jakarta.

"Rela memegang amanah tugas dan tanggung jawab di pundaknya yang secara berkelanjutan dan berani mempertahankan ide, gagasan, serta gerakan nyata tanpa ada paksaan ataupun intervensi kepentingan manapun," jelas Sulhy.

Sulhy menambahkan penghargaan itu dilakukan dengan cara melakukan kajian dan verifikasi selama empat bulan terakhir, terhitung sejak Juli-Oktober 2020. Caranya dengan melakukan kajian atas pernyataan di beberapa media daring dan metode survei

"Kami mengusulkan 65 orang, yang akhirnya berhasil kami saring menjadi 11 yang terdiri dari tokoh dan lembaga yang layak memenuhi kriteria mendapatkan Jakarta Youth Award 2020 dan Ketua PMI DKI Jakarta H. Rustam Effendi, kami nilai pantas menerima anugerah ini," kata Sulhy.

Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Pemuda Jakarta merupakan koalisi berbagai organisasi antara lain Himpunan Masyarakat untuk Kemanusiaan dan Keadilan (Humanika Jakarta), Koalisi Perkotaan Jakarta (Jakarta Urban Coalition), Jakarta Public Service (JPS), Komunitas Peduli Pendidikan Jakarta (KPPJ), Jakarta Monitoring Networking (JMN), Masyarakat Pemantau Olahraga Jakarta (MPOJ), Lembaga Pengembangan Peran Serta Masyarakat (LP2SM), Lembaga Pemantau Jakarta (LPJ) dan HMI UNJ.

Baca juga: 11 tokoh dan instansi raih penghargaan Jakarta Youth Award 2020
Baca juga: Ketua KNPI harap Jakarta Youth Award 2020 bisa menjadi inspirasi

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020