Ini wujud komitmen Pertamina untuk turut serta memajukan perekonomian masyarakat melalui peran strategis Pertamina dalam menyediakan energi yang sesuai dengan prinsip ketersediaan, kemudahan akses, keterjangkauan, penerimaan serta berkelanjutan
Palembang (ANTARA) - PT Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan memastikan stok dan penyaluran BBM di Pulau Enggano, Provinsi Bengkulu, tetap terjaga selama beberapa pekan ke depan dengan mengantisipasi cuaca ekstrem di lautan bebas Samudra Hindia yang biasanya terjadi di pengujung tahun.

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan di Palembang, Kamis, mengatakan, sejauh ini kondisi penyaluran BBM di Pulau Enggano yang merupakan pulau terluar Indonesia yang berada di pesisir Bengkulu, oleh PT Pertamina (Persero) masih berlangsung lancar.

Namun konsumsinya cenderung menurun karena adanya cuaca buruk sejak September sehingga berpengaruh pada aktivitas nelayan yang engan melaut sehingga lalu lintas kendaraan dari Bengkulu ke Enggano juga berkurang.

Sementara ini Pertamina mencatat, jumlah Kartu Keluarga (KK) di Enggano sebanyak 1.199 dengan rata-rata konsumsi premium saat ini adalah 1.200 liter per hari, sementara konsumsi biosolar 100 liter per hari.

Ia mengungkapkan, stok premium saat ini sebesar 90 kiloliter dengan ketahanan stok mencapai 75 hari dan biosolar tersedia stoknya sebanyak 7 kiloliter dengan ketahanan hingga 70 hari.

“Ini wujud komitmen Pertamina untuk turut serta memajukan perekonomian masyarakat melalui peran strategis Pertamina dalam menyediakan energi yang sesuai dengan prinsip ketersediaan, kemudahan akses, keterjangkauan, penerimaan serta berkelanjutan,” kata Umar.

Program BBM Satu Harga di Pulau Enggano merupakan program pemerintah untuk mewujudkan keadilan energi di seluruh tanah air dengan tujuan menerapkan kesetaraan di beberapa wilayah di Indonesia terutama di pelosok.

Dalam mengemban tugas ini, Pertamina menghadapi tantangan dan risiko, khususnya saat mendistribusikan pasokan BBM ke wilayah-wilayah terpencil.

Untuk mencapainya, moda tansportasi yang digunakan beragam, antara lain darat, laut, hingga udara, agar pasokan energi bisa mencapai lokasi tujuan.

"Setelah penerapan kebijakan satu harga, seluruh daerah terpencil bisa menikmati harga yang sama dengan harga yang selama ini diterapkan di SPBU di perkotaan,” kata Umar.

Baca juga: Pengiriman BBM ke Enggano terkendala cuaca buruk

Baca juga: BBM satu harga tiba di Pulau Enggano

Baca juga: BBM nelayan Enggano dijatah 10 liter per bulan

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020