Berwisata aman dan sehat bisa didapatkan di Banyuwangi
Banyuwangi (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menilai sejumlah objek wisata di Kabupaten Banyuwangi sudah menjalankan protokol kesehatan dengan baik sehingga aman untuk dikunjungi para wisatawan, termasuk masyarakat Jatim yang dia ajak untuk datang ke daerah Gandrung itu.

"Di tengah pandemi ini geliat pariwisata masih cukup tinggi di Banyuwangi, kami semua masih bisa berwisata asal tetap mematuhi protokol kesehatan. Dan saya melihat Banyuwangi telah menerapkan protokol kesehatan dengan cukup baik. Saya mengajak semua untuk berwisata ke Banyuwangi. Berwisata aman dan sehat bisa didapatkan di Banyuwangi," kata Wagub di Banyuwnagi, Minggu.

Menurut dia, protokol kesehatan sektor pariwisata di Banyuwangi telah diterapkan sangat baik, mulai dari pembatasan pengunjung di setiap lokasi wisata hingga rumah makan yang telah berstandar protokol kesehatan.

Baca juga: Banyuwangi verifikasi kesiapan 30 objek wisata jalankan normal baru

Dikatakannya, pariwisata merupakan sektor yang efek berantainya sangat besar dan  banyak sektor usaha yang terlibat di dalamnya.

"Ada petani yang produk hortikulturanya yang bisa dibeli produknya, ada UMKM yang bisa menyuplai oleh-oleh, ada pekerja wisata yang bekerja di sana. Maka, mari kita bersama-sama mendorong pariwisata, karena itu adalah bagian yang sangat penting dari sektor perekonomian kita," ujarnya.

Emil Dardak juga menyampaikan bahwa Banyuwangi adalah salah satu pilar dari pariwisata yang tidak hanya untuk Jawa Timur, tapi sudah menjadi tujuan wisata nasional.

"Kami sangat mengapresiasi Banyuwangi yang telah menjadikan pariwisata sebagai pengungkit ekonomi daerah. Dan ini secara tak langsung mampu membuat sektor pariwisata sebagai cara untuk meningkatkan kesejahteraan warga," tuturnya.


Baca juga: Banyuwangi sambut wisata normal baru dengan aplikasi

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan pariwisata merupakan salah satu sektor penting yang dikembangkan guna meningkatkan kesejahteraan warga di Banyuwangi.

"Kami terus kembangkan pariwisata berbasis kebudayaan dan masyarakat. Salah satunya dibuat pasar jajanan khas di sejumlah lokasi. Ada Pasar Witwitan, Arabian Street Food, Oling River Food serta banyak lagi lainnya," katanya.

Wakil Gubernur Jatim Emil Dardag berkunjung ke Banyuwangi selama 7 - 8 November 2020. Pada Sabtu (7/11), ke obyek wisata pantai Bangsring Underwater, lokasi yang dulunya merupakan tempat nelayan pengebom ikan, namun saat ini telah berubah menjadi tempat konservasi terumbu karang yang dikelola oleh masyarakat.

Baca juga: Cuti bersama, 8.000 wisatawan kunjungi Banyuwangi

Baca juga: Banyuwangi dorong geliat pariwisata dengan transaksi digital

Baca juga: Banyuwangi buka sebagian tempat wisata dengan pembatasan

Pewarta: Masuki M. Astro/Novi Husdinariyanto
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020