Program "Jogo Tonggo" mendatangkan penghargaan bagi Jawa Tengah

Program

Warga yang positif COVID-19 berdiri di rumahnya di Kelurahan Kejambon, Tegal, Jawa Tengah, Rabu (28/10/2020). Warga tersebut beserta lima anggota keluarganya melakukan isolasi mandiri karena tertular virus corona dan tetangga mereka bergotong royong membantu menyediakan makanan dalam aksi sosial "Jogo Tonggo". (ANTARA/Oky Lukmansyah/wsj)

Semarang (ANTARA) -
Program "Jogo Tonggo" yang dijalankan dalam upaya menanggulangi penularan COVID-19 telah mendatangkan penghargaan bagi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Jogo Tonggo" mendapat penghargaan dalam ajang Top 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan COVID-19 yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Alhamdulillah kita mendapatkan apresiasi, meskipun kami sadar itu belum sempurna, maka hari ini kita sedang mencoba menyempurnakan dengan juga beradaptasi pada kondisi lokal yang ada di sana," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa program tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah provinsi menggerakkan masyarakat untuk bangkit pada masa pandemi, termasuk berpartisipasi dalam upaya penanggulangan COVID-19.

Gubernur mencontohkan, Program "Jogo Tonggo" antara lain menggerakkan warga untuk mendata tetangga yang sakit atau melakukan perjalanan serta mengkampanyekan upaya pencegahan COVID-19.

Program "Jogo Tonggo", menurut dia, juga mencakup upaya pemulihan ekonomi melalui usaha-usaha kreatif seperti perniagaan via daring dan penyediaan jasa layanan antar serta pembangunan ketahanan pangan keluarga.

"Termasuk juga ketika mereka bicara soal bagaimana ketahanan pangannya bisa dijaga, maka saya senang sekali banyak warga kemudian mengajarkan kepada tetangga kiri kanannya agar dia bisa menanam sendiri, merawat sendiri, memanen sendiri, memakan sendiri, dan itu artinya di rumah tangga mereka Insya Allah kecukupan gizinya akan bisa dipenuhi," ia menjelaskan.

Selain itu, ia melanjutkan, Program "Jogo Tonggo" mencakup upaya peningkatan semangat gotong royong dan kepedulian di kalangan warga.

"Mudah-mudahan nantinya kita bisa mengevaluasi lagi, memperbaiki lagi dan belajar dari pengalaman-pengalaman yang dikembangkan oleh masing-masing daerah," katanya.

Selain dari Program "Jogo Tonggo", Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik untuk Program Mangan Mendoanne Rini.

Penghargaan dalam bidang inovasi pelayanan publik juga diterima oleh lima pemerintah kabupaten/kota di Jawa Tengah, yakni Magelang, Demak, Grobogan, Pekalongan, dan Kebumen.

Baca juga:
Ganjar ajak masyarakat "Jogo Tonggo" melawan COVID-19
Wali Kota: "Mlaku-Mlaku Tilik Kampung" kuatkan Satgas Jogo Tonggo
Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020