Medan (ANTARA) - Tim Jibom Gegana Sat Brimob Polda Sumatera Utara mengamankan sebuah bom militer diduga jenis peluru arteleri yang ditemukan warga di lokasi TKP Jalan Sidodame Komplek Pemda Nomor 20 Medan.

"Tim langsung mengamankan lokasi guna mensterilkan tempat ditemukannya bom militer tersebut," ujar Dansat Brimob Polda Sumut Kombes Pol Abu Bakar Tertusi, melalui Kanit Jibom Iptu Rony Sarko, di Medan, Minggu.

Ia menyebutkan, penemuan bom tersebut oleh sejumlah warga Sidodame, Sabtu (28/11) malam.

Baca juga: Brimob tambah personel evakuasi korban banjir di Tebing Tinggi

Sebelumnya, tim Jibom melakukan koordinasi Kanit Reskrim Polsek Medan Timur Iptu A. Tambunan terkait penemuan yang diduga bom militer tersebut.

Benda yang diduga bom militer tersebut ditemukan oleh warga di rumah kosong yang hendak disewakan, pada saat dilakukan pembersihan.

"Setelah kita lakukan pengecekan dan dari hasil penyelidikan oleh tim Jibom dapat disimpulkan bahwa benda tersebut bukan bom militer jenis peluru arteleri melainkan Dummy atau Tiruan," ujarnya.

Rony menjelaskan, karena peluru tiruan maka tidak dilakukan disposal.

"Setelah melakukan serah terima dengan pihak Polsek Medan Medan Timur, benda tersebut diamankan di Mako Brimob Polda Sumut," katanya.

Baca juga: 3.122 kepala keluarga di Kota Tebing Tinggi Sumut terdampak banjir

Baca juga: Brimob tambah personel evakuasi korban banjir di Tebing Tinggi

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020