Kepala Dinsos Yogyakarta meninggal dunia usai dirawat karena COVID-19

Kepala Dinsos Yogyakarta meninggal dunia usai dirawat karena COVID-19

Dokumentasi - Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta Agus Sudrajat, 12 Oktober 2020 ANTARA/Eka AR.

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Yogyakarta kehilangan salah satu pejabat terbaiknya yang selama beberapa bulan terakhir disibukkan dengan upaya penanganan dampak sosial pandemi COVID-19, setelah Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta Agus Sudrajat meninggal dunia usai menjalani perawatan akibat terpapar COVID-19.

“Pada hari ini, beliau meninggal dunia di RS Sardjito sekitar pukul 10.00 WIB dalam usia 55 tahun,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Selasa.

Menurut Heroe, Agus menjalani uji swab pada 21 November dan dinyatakan positif terpapar COVID-19 pada 23 November. Beliau kemudian menjalani perawatan di Rumah Sakit Jogja karena mengalami penurunan kondisi kesehatan.

“Karena kondisinya yang terus menurun, maka beliau kemudian dipindahkan ke RS Sardjito untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih lengkap. Namun kemudian meninggal dunia,” kata Heroe.

Pemerintah Kota Yogyakarta khususnya Satgas Penanganan COVID-19 Yogyakarta sangat kehilangan sosok pejabat berusia 55 tahun tersebut karena sejak awal masa pandemi disibukkan dengan berbagai upaya penanganan dampak pandemi di bidang sosial.

Salah satunya terkait verifikasi pendataan untuk penerima bantuan sosial tunai dari pemerintah.

Baca juga: Kantor Dinsos Yogya ditutup sementara setelah muncul kasus COVID-19

Baca juga: BPNT Yogyakarta tetap disalurkan sesuai jadwal

“Berkat ketelitian dan kehati-hatian dalam verifikasi pendataan penerima bantuan sosial, maka penerimaan bantuan sosial di Kota Yogyakarta banyak mendapat pujian dari lembaga lain,” kaanya.

Selain itu, lanjut Heroe, Agus juga menjadi penanggung jawab selter penanganan COVID-19, baik saat selter dibuka di salah satu gedung milik kementerian maupun saat Pemerintah Kota Yogyakarta membuka selter penanganan COVID-19 dengan memanfaatkan rusunawa di Kecamatan Tegalrejo.

“Beliau juga terlibat aktif untuk menyiapkan dapur umum yang melayani warga yang membutuhkan, bahkan mencarikan tempat pemakaman bagi warga yang mengalami kesulitan pemakaman,” katanya.

Heroe menambahkan, seluruh jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta mengucapkan banyak terima kasih atas seluruh kerja keras dan dedikasi yang sudah diberikan selama mengabdi 32 tahun.

Sebelum menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial, Agus Sudrajat pernah menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dan Pelaksana Tugas Direktur RS Jogja.

“Kami berdoa semoga Allah SWT menerima segala amal ibadahnya, mengampuni salah dan dosanya. Semoga Husnul Khotimah,” katanya.

Pemakaman Agus Sudrajat akan dilakukan oleh tim dari BPBD Kota Yogyakarta di Pemakaman Sarilaya Gedongkiwo Mantrijeron.

Baca juga: DIY perpanjang tanggap darurat COVID-19 sampai 31 Desember

Baca juga: Gogrok COVID antar Yogyakarta masuk Top 21 inovasi penanganan COVID-19

Pewarta : Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020