... kita jadikan tugas ini sebagai amal ibadah, dan tetap bersinergi serta berkoordinasi agar pelaksanaan tugas berjalan lancar dan tanpa kendala...
Medan (ANTARA) - Kodam I/Bukit Barisan siap mendukung operasi pengamanan Pilkada serentak 2020 di wilayah Sumatera Utara.

"TNI dari tiga matra di jajaran Kodam I/BB siap mendukung operasi pengamanan Pilkada," ujar Panglima Kodam I/BB, Mayor Jenderal TNI Hassanudin, dalam pengarahannya pada patroli gabungan skala besar dalam rangka memantau situasi kamtibmas menjelang Pilkada tahun 2020 di depan Lapangan Benteng Medan, Selasa.

Baca juga: Pangdam I/BB ingatkan netralitas TNI pada pelaksanaan pilkada

Ia mengatakan, melalui patroli ini, memberi keyakinan agar masyarakat tetap menggunakan hak pilihnya dan tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca juga: KPU Sumatera Utara: Ketidaknetralan ASN cederai asas keadilan pemilu

Kepada seluruh personel pengamanan Pilkada untuk melaksanakan tugas pokoknya sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. "Mari kita jadikan tugas ini sebagai amal ibadah, dan tetap bersinergi serta berkoordinasi agar pelaksanaan tugas berjalan lancar dan tanpa kendala," ujarnya.

Ia menjelaskan, patroli gabungan skala besar ini juga untuk mencegah timbulnya kerawanan konflik sosial di masyarakat yang dikhawatirkan akan merusak integrasi bangsa.

Baca juga: Badan Pengawas Pemilu harus tegas sikapi kampanye terselubung

"Hal itu yang harus diwaspadai dan jangan sampai terjadi di wilayah Sumatera Utara, khususnya Medan dan sekitarnya," kata jenderal bintang dua itu.

Rute yang dilalui dimulai dari Markas Kodim 0201/BS menuju Jalan Kapten Maulana Lubis ke Jalan Raden Saleh lalu ke Jalan Balai Kota menuju Jalan Thamrin-Jalan Halat lalu ke Jalan SM Raja Medan. Setelah itu menuju Jalan AH Nasution ke Asrama Haji lalu ke Jalan Setia Budi menuju Jalan Dr kMansyur, dan berakhir di Jalan Pattimura.

Baca juga: Panglima Kodam I/BB: Pilkada 2020 jadi perhatian secara sungguh

Selain Hassanudin, turut juga Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional III, Marsekal Pertama TNI Esron Sinaga, Komandan Pangkalan Utama TNI AL I/Belawan, Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso, dan Kepala Staf Kodam I/BB, Brigadir Jenderal TNI Didied Pramudito.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020