Jakarta (ANTARA) - Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono melakukan sidak ke Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu dan mengecek pelaksanaan tes urin para sopir bus antarkota/ provinsi untuk memastikan kesehatan mereka baik saat membawa penumpang.

Operasi dadakan ke terminal ini dalam rangka pengamanan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Hari ini kami meninjau Terminal Kampung Rambutan. Saya bersama Dirlantas PMJ, Dirut Jasa Raharja. Pada kunjungan ke Terminal Kampung Rambutan, kami melihat kesiapan Operasi Lilin 2020 adalah operasi kemanusiaan," kata Istiono di Terminal Kampung Rambutan.

Istiono juga menyempatkan diri berbincang sejenak dengan para sopir bus.

Baca juga: Kakorlantas: Penerapan prokes di Stasiun Gambir bagus

Baca juga: Kakorlantas cek kesiapan pengamanan Nataru di Terminal Pulo Gebang


Istiono mengatakan libur akhir tahun yang masih dalam kondisi pandemik COVID-19 membuat upaya pencegahan penyebaran COVID-19 harus dilakukan dengan cepat dan sigap. Oleh karena itu, para sopir bus ini juga dites urin untuk memastikan kesehatan-nya bagus saat membawa penumpang bepergian.

"Langkah-langkah berkaitan dengan penyebaran COVID-19 harus dilakukan. Kemudian pengemudi juga harus dilakukan langkah-langkah antisipasi kesehatan-nya. Nah tadi kami lihat Polda Metro Jaya di Terminal Kampung Rambutan membuat pos kesehatan bersama instansi terkait Dokkes, kami melakukan pengecekan tes urin secara gratis," papar-nya.

Selain mengecek pelaksanaan tes urin, Istiono juga mengecek bus-bus yang membawa penumpang keluar kota. Pengecekan ini juga akan dilakukan secara berkala di terminal-terminal lain.

"Upaya melihat kesiapsiagaan ini akan kami lakukan terus, hari ini di Terminal Bus Kampung Rambutan. Nanti akan kami cek juga di rest area, dimana telah disiapkan oleh Polda kewilayahan," tutur mantan Kapolda Babel ini.

Dalam kesempatan ini, Kakorlantas juga mengingatkan para sopir bus untuk menaati protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Bus-bus yang dinaiki penumpang juga diwajibkan disemprot disinfektan agar steril dari penyebaran COVID-19.

"Mereka rata-rata sudah dites COVID-19 di PO bus masing-masing. Jadi tinggal menunjuk surat saja ketika mau berangkat. Tapi kalau belum, nanti akan diakomodir oleh PMJ (Polda Metro Jaya). Yang utama harus menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Istiono didampingi Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dan Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Rahardjo saat meninjau Terminal Kampung Rambutan.

Baca juga: Kompolnas apresiasi kesiapan Korlantas dalam Operasi Lilin 2020

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020